Pelatihan Jurnalistik Olah Raga Digelar Untuk Kepentingan Publik

Singaraja, koranbuleleng.com,  Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh KONI BUleleng bagi para pengurus cabang di divisi kehumasan berlangsung dengan lancar, Senin 18 Juli 2016. Pelatihan selama satu hari ini digelar untuk mencetak sumber daya manusia dibidang kehumasan di jajaran KONI Buleleng supaya mampu merespon informasi bidang keolahragaan dan disebarkan secara baik ke publik.

Dalam pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh 36 peserta itu, para peserta dibekali sejumlah pengetahuan dasar jurnalistik, baik teknik menulis berita, unsur yang harus dipenuhi dalam menulis berita, teknik wawancara termasuk praktek langsung cara pengambilan foto dan membuat sebuah berita. Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut menghadirkan pembicara yang memang menggeluti profesi jurnalis dari Komunitas Jurnalis Buleleng (KJB) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buleleng. Mereka diantaranya Ketua PWI Putu Ngurah Aswibawan,  Made Sudirta dari Nusabali , Edo Hari Purnama  dari Nirwana TV dan Made Suartha dari Radio Guntur.

- Advertisement -

Ketua Panitia Diklat Jurnalistik Olah Raga KONI Buleleng Putu Edi Robin mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk peningkatan sumber daya manusia untuk masing masing humas di Pengkab Cabang olah raga yang ada di Kabupaten Buleleng. Sehingga kedepan, kegiatan olah raga yang berlangsung di kabupaten Buleleng bisa diketahui oleh publik.

“Mereka kita berikan pemahaman bagaimana cara mengolah data yang benar, bagaimana mengambil foto yang benar, termasuk tehnik pengambilan video dengan benar. Nah dengan adanya pelatihan ini, nantinya mereka sudah bisa mempublikasi setiap kegiatan olah raga yang berlangsung, sehingga nantinya kegiatan olah raga semakin diketahui public,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana mengatakan, pelatihan jurnalistik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi KONI Buleleng menjadikan Buleleng meraih prestasi yang membanggakan dibidang olahraga. Setelah tercetak para wartawan olahraga ini maka diharapkan mereka dapat menginformaiskan seluruh kegiatan di masing-masing cabang olahraga sehingga berita olahraga di kabupaten Buleleng akan semakin bervariasi.

“Kadang kadang tidak semua kegiatan olah raga yang berlangsung di Buleleng diketahui masyarakat, termasuk juga atlet atlet kita yang memang berprestasi. Jadi Humas di masing masing pengkab ini sebagai ujung tombak untuk memblow up kegiatan olah raga yang berangsung d Buleleng,” terangnya.|RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts