Resmi Dikukuhkan, Paskibraka Bersiap Kibarkan Merah Putih

Singaraja, koranbuleleng.com| Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di Lobi Athiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng, Selasa, 16 Agustus 2016. Mereka secara resmi akan mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-detik Peringatan Proklamasi di Kabupaten Buleleng.

Saat pengukuhan,  pasukan Paskibraka ini juga mengucapkan ikrar, Ikrar ini memiliki makna yang sangat dalam. Dengan ikrar tersebut, Paskibraka ini tidak hanya mengibarkan bendera saja, namun harus benar-benar bisa mengamalkan Pancasila, setia kepada UUD 1945 dan juga bisa menjadi panutan untuk orang disekitarnya. Karena itulah mereka bukan hanya Paskibraka yang bertugas sebagai pengibar bendera namun juga harus bisa berprilaku yang baik sebagai Warga Negara yang setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

- Advertisement -

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan pengukuhan Paskibraka dilakukan setelah melalui proses yang panjang.  Selama 20 hari para pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Atas ini ditempa oleh TNI/Polri dan para senior Paskibraka.

Paskibraka ini akan mengibarkan bendera Merah Putih saat Upacara Detik-Detik Proklamasi di Kabupaten Buleleng yang dipusatkan di Lapangan Taman Kota Singaraja, tepat pada Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, 17 Agustus 2016.

“Para pelajar ini sudah melalui proses yang sangat panjang mulai dari seleksi sampai dengan pelatihan selama 20 hari. Mereka berjuang menjadi yang terbaik.Ya selain mengibarkan bendera, para pelajar yang  tergabung dalam Paskibraka ini juga harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi,” terang Bupati.

Bupati berharap Paskibraka ini setelah purna atau selesai melaksanakan tugasnya, mampu meraih pengalaman dan wawasan serta memiliki pergaulan yang bagus. Pendidikan para purna Paskibraka juga sangat bagus terbukti dengan diraihnya sekolah-sekolah yang unggul oleh para Purna Paskibraka. “Semua hal itu dicapai oleh Purna Paskibraka karena mereka sudah dididik disiplin. Mudah-mudahan disiplin ini bisa divibrasikan kepada adik-adik disekolahnya,” tutupnya.  |NP|

- Advertisement -

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts