Setelah Pemantauan, Gunaja Gelar Rakor Tertutup Dengan Pejabat Terkait

Singaraja, koranbuleleng.com | Plt Bupati Buleleng, Made Gunaja memantau pelaksanaan Verifikasi faktual (verfak) ulang untuk bakal paslon Dewa Nyoman Sukrawan dan Gede Dharma Wijaya (Surya) di wilayah lingkungan Kali Baru, Kelurahan banjar jawa, Singaraja, Jumat 11 Nopember 2016. Pemantauan tersebut cukup menyita perhatian masyarakat, apalagi dalam verifikasi faktual yang dilakukan di Kalibaru sempat di warnai ketegangan di hari pertama.

Namun Plt Bupati Buleleng Made Gunaja mengungkapkan pemantauan di Lingkungan Kali Baru ini karena dukungan di Kelurahan Banjar jawa cukup banyak sebarannya. Karena cukup banyak, waktu terakhir hingga siang hari verifikasi faktual ulang belum tuntas dilakukan. Situasi itulah yang membuatnya untuk melakukan pemantauan.

- Advertisement -

“Infonya dari Kepala Badan Kesbangpol kalau di Banjar Jawa itu jumlah pendukung yang harus diverifikasi faktual terbanyak. Jarak ke Kalibaru yang cukup dekat juga memungkinkan saya untuk melakukan pemantauan dan sekaligus ingin bertemu Lurah Banjar Jawa. Saya ingin memastikan Verfak disana berjalan lancar dan tertib,” ujarnya.

Usai melakukan pemantauan, Plt Bupati Buleleng Made Gunaja didampingi Sekda Dewa Ketut Puspaka dan Kepala Badan Kesbangpol, melakukan rapat koordinasi dengan Ketua KPU Kabupaten Buleleng Gede Suardana, Ketua Panwaslih Buleleng Ketut Aryani, dan Kapolres Buleleng Made Suka Wijaya. Rapat koordinasi itu berlangsung secara tertutup.

Plt Bupati Gunaja usai rapat koordinasi itu menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan koordinasi yang dilakukan, untuk mengetahui situasi terakhir dalam pelaksanaan verifikasi factual ulang yang dilaksanakan KPU Buleleng. Salah satunya untuk mengambil langkah antisipasi, terhadap hal hal yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat yang sudah kondusif.

“Yang pertama bagaimana KPU yang tugasnya menyelenggarakan Verfak ulang ini, untuk bisa memverifikasi faktual seluruh pendukung yang telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi di lima wilayah sesuai dengan rekomendasi Pimpinan Musyawarah Sengketa. Kemudian kita juga berkoordinasi untuk langkah antisipasi terkait dengan keamanan selama pelaksanaan verifikasi factual,” Jelasnya.

- Advertisement -

Hal senada diungkapkan Kapolres Buleleng Made Suka Wijaya. Ia menjamin bahwa situasi kamtibmas di Kabupaten Buleleng selama pelaksanaan verifikasi factual ulang masih kondusif. Pun demikian pengamanan masih dilakukan dibeberapa titik lantaran masih berlangsungnya proses verfak ulang

“Situasi saat ini masih sangat aman dan kondusif. Dalam rapat tadi, kita menyarankan kepada pelaksana verifikasi faktual, supaya hingga 24.00, semua ktp yang belum terverifikasi harus sudah terverifikasi, minimal mendekati 100 persen,” tegasnya.|RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts