Tebing Tukad Saba Longsor, Enam Rumah Warga Terancam

Singaraja, koranbuleleng.com |  Tingginya curah hujan yang terjadi di Kelurahan Seririt, mengakibatkan volume air di Tukad Saba Kelurahan setempat meningkat. Akibatnya, tebing Tukad Saba di Kelurahan Seririt tergerus air sungai. Bahkan enam rumah terancam jebol.

Tergerusnya tebing di pinggiran tukad saba tersebut mengancam enam rumah di Lingkungan Karang Sari Kelurahan Seririt. Bahkan beberapa bagian bangunan seperti bagian dapur dan kamar mandi di enam rumah tersebut sudah ambrol akibat tergerusnya tebing yang terbawa arus air sungai.

- Advertisement -

Kadek Sugara Dana warga setempat menjelaskan, kejadian tanah tebing longsor yang terletak dipinggiran aliran sungai Saba terjadi Sabtu, 24 Desember 2016, sekitar pukul 20.30 wita. Saat tu, arus sungai sangat besar karena hujan yang terjadi secara terus menerus, sehingga tebing di pinggiran sungai tergerus.

Menurut Sugara Dana, kejadian serupa pernah terjadi ditahun 2011 lalu. Hanya saja hingga kini, belum mendapat penanganan serius dari Pemerintah, sehingga hujan yang terus menerus dan aliran sungai yang meluap menyebabkan kembali terkena musibah. Apalagi memang kondisi pinggran sungai yang tidak memiliki senderan untuk menahan arus sungai.

“Sebenarnya ini sudah terjadi pada tahun 2011 namun tidak ada penanganan dari Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi sampai sekarang. Kami berharap agar yang membidanginya cepat tanggap membantu untuk perbaikan senderan sehingga tidak parah lagi,” Katanya

Enam rumah yang terkena dampak akibat ambrolnya tebing pada sisi Tukad Saba di Kelurahan Seririt itu masing masing Kadek Murtana, Kadek Gunawan, Kadek Umariningsih, Putu Aman, Wayan Loka, dan Komang Adi yang semuanya warga Lingkungan Karang Sari Kelurahan Seririt.

- Advertisement -

Sementara itu, Camat Seririt I Nyoman Riang Pustaka menjelaskan, hampir sebagian besar rumah-rumah di pinggiran Tukad Saba itu terancam dengan kondisi saat ini, namun kondisi terparah terjadi pada enam rumah warga.|NH|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts