PASS Lepas Burung Dan Nikmati Pencak Silat Bali Aga

Singaraja, koranbuleleng.com | Pasangan Putu Agus Suradnyana dan Nyoman Sutjidra menggelar kampanye di kawasan desa Bali Aga  yang dipusatkan di Desa Cempaga, Kecamatan Banjar, Selasa 26 Desember 2016.

Masyarakat Bali Aga langsung menodong PASS dengan melepas burung crukcuk, jenis satwa burung khas yang hidup di wilayah pegunungan. Bukan hanya PASS, sejumlah politisi seperti Jro Nyoman Ray Yusha, Wayan Arta serta Aries Sujati Suradnyana dan Ida Ayu Wardhani ikut melepas burung yang telah disediakan oleh warga setempat.

- Advertisement -

Selain melepas burung, PASS juga disuguhi atraksi permainan silat tradisional Depok dan Pancasona. Warga Desa Bali Aga, khususnya Desa Cempaga sampai saat ini masih memelihara dengan baik aset tradisional ini. Perguruan pencak silat di Bali Aga terjaga dengan baik dan kini generasi penerusnya masih terus ada.

PASS merasa bangga dengan warga Bali Aga yang kini sudah menjalani perubahan dari berbagai aspek kehidupan.  Menurut Putu Agus Suradnyana, dirinya merasa bangga karena Bali Aga kini jadi desa pelopor di Buleleng yang mengedepankan upaya-upaya positif untuk merubah imej Bali aga dengan lebih baik. Mulai dari upaya pelestarian alam, penghijaun, pelestarian adat seni dan budaya serta bermitra dengan sejumlah pengusaha.

“Saya sangat bangga dengan warga Bali Aga. Sekarang sudah snagat berubah, upaya pelestarian llingkungan dilkaukan secara sadar oleh masyarakat setempat. Aset seni budaya dipelihara dengan baik. Berbeda sekali dengan dulu, daerah ini merasa termarjinalkan, banyak yang menghasut warga sehingga berdampak pada imej buruk. Tetapi sekarang sudah sangat berubah, saya bangga sekali,” ujar Putu Agus Suradnyana.

Agus Suradnyana mendukung kegiatan mandiri dari warga Bali Aga dengan memberikan perbaikan fasilitas infrastruktur jalan yang menghubungkan seluruh desa di kaasan Bali Aga. Justru dengan perbaikan jalan dengan kualitas hotmik ini membuat warga Bali aga menjadi lebih dekat hubungan kekerabatannya. Akses ekonomi bisa dilakukan antar desa, dan silaturahmi bisa dijalin lagi lebih erat.

- Advertisement -

Agus berkata, kedepan pemerintah akan fokus mengembangkan kawasan Bali Aga supaya lebih maju. Bali aga sebagai daerah yang berada ditengah, diantara kawasan wisata Desa Munduk dan kawasan wisata pesisir di Lovina.

“Maka itu, daerahini harus berkembang dengan baik. Nanti pemerintah akan membangun jaringan pembangunan wisata yang menghubungkan pariwsata di wilayah Desa Munduk, Bali Aga dan Lovina. Jalan yang menghubungkan Bali Aga dengan Munduk akan diperlebar, karena ada beberapa jalur masih snagat sempit,” ujar Agus Suradnyana.

Saat sesi wawancara dengan wartawan, warga Bali Aga menegaskan bersedia untuk kembali mengantarkan pasangan PASS kembali mendudukan mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buleleng untuk periode yang kedua.

Sebelum di Desa Cempaga, PASS juga melakukan kampanye di Desa Munduk dengan dihadiri oleh ratusan warga dari lima desa, Gobleg, Gesing, Kayuputih, Banyuatis, Tirtasari, dan Munduk.  Kampanye di Desa Munduk juga disuguhi pertunjukan tari tradisional oleh sanggar seni Bala Anindha. Setelah itu, PASS berkampanye di Desa Tangguwisia bersama ratusan warga dari berbagai desa. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts