Bupati Ingatkan Kinerja ASN Tidak Terganggu Oleh Politik Praktis

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengingatkan agar aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Buleleng tidak terlibat politik praktis sehingga mengganggu kinerja aparatur untuk melayani masyarakat.

Tahun 2019 ini disebut sebagai tahun politik, ASN diminta untuk tetap mengedepankan profesionalisme tanpa ada kepentingan politik dalam menjalankan tugas sebagai abdi Negara.

- Advertisement -

Penegasan itu disampaikan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat apel Krida, Jumat 1 Maret 2019 dihadapan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Buleleng. 

“Tahun politik ini akan banyak sekali kegiatan politik di masyarakat. Saya minta tolong sekali, jangan memasukan wilayah-wilayah politik untuk dibaurkan dengan kinerja dipemerintahan,” pintanya.

Mantan anggota DPRD Bali ini juga menyatakan bahwa, dalam melakukan evaluasi kinerja ASN dirinya akan lebih banyak menggunakan indikator kemampuan kerja seorang ASN. Meskipun ada pertimbangan politis di dalamnya, hal itu diakuinya tidak dominan. Dirinya akan profesional dan objektif dalam melakukan penilian kinerja, termasuk ketika akan memberikan promosi pegawai.

“Artinya begini, ketika PNS itu bekerja dengan profesional, bekerja dengan baik, maka (penilaian) angel politiknya pasti hilang. Tapi ketika PNS nya ikut-ikutan berpolitik, angel politiknya pasti dominan untuk saya selesaikan,” ungkap Bupati Agus

- Advertisement -

Dar dasar itu, Bupati mengajak agar ASN lebih baik menunjukan kinerja yang terbaik ketimbang masuk ke ranah politik praktis. Sehingga seluruh ASN tetap fokus  dalam menyelesaikan tugas dan fungsinya dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Agus Suradnyana juga meminta kepada seluruh ASN untuk tetap semangat dalam bekerja, terutama kepada PNS yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun.

Ada kecenderungan kinerja ASN bisa menurun ketika bersiap menghadapi masa pensiun. Untuk itu, dia menegaskan agar kinerja jajaran staf di masing-masing SKPD terus didiorong sehingga apa yang manjadi target bisa tercapai.

“Teman-teman (pimpinan) OPD yang mau pensiun tolong jangan kendor semangatnya, agar semangat terus, dan bawahannya tolong juga dorong untuk berkinerja yang baik,” tandasnya.|r/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts