Dekranasda Belitung Timur Kunjungi Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com | Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Buleleng. Dekranasda Belitung Timuringin mengetahui sejumlahkerajinankhas Buleleng dan pola pemasarannya dalam dunia pariwisata dan ekonomi.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Buleleng, Ny. Aries Suradnyana dan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagprinkop UKM) Buleleng, Drs. Dewa Made Sudiarta di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Kamis 6 Feruari 2020.

- Advertisement -

Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Belitung Timur, Hj. Susy Siswari Yuslih Ihza. Dalam penyambutan yang dilakukan, diperlihatkan berbagai hasil kerajinan dan juga kuliner khas Buleleng. Pemaparan juga dilakukan mengenai apa yang sudah dikerjakan dan juga potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Buleleng.

Aries Suradnyana menjelaskan kunjungan dari Dekranasda Belitung Timur untuk melihat potensi kerajinan yang dimiliki oleh Buleleng. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada dan produknya juga disuguhkan pada saat rombongan tiba. Selain itu, kuliner khas Buleleng juga disiapkan. “Kami suguhkan dan paparkan semua. Setelah itu, rombongan mengunjungi pengrajin pelepah pisang yang ada di Lingkungan Sangket, Kelurahan Sukasada,” jelasnya.

Mengenai keberadaan pengrajin pelepah pisang ini, ia pun mengungkapkan pengrajin sudah sering diajak untuk mempromosikan produknya melalui pameran. Pameran tersebut baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional. Produk dari pengrajin pelepah pisang ini juga ditampilkan di PKK. Sehingga siapapun yang datang bisa melihatnya. “Kami ikut sertakan sebagai bagian dari promosi. Untuk pemasaran menjadi tanggungjawab Didagprinkop UKM,” ujar Aries Suradnyana.

Sementara itu, Hj. Susy Siswari Yuslih Ihza dalam menyebut tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mempelajari keberhasilan Dekranasda Buleleng dalam mengembangkan kerajinan. Pihaknya ingin menggunakan momentum ini untuk memperoleh informasi mengenai potensi yang ada di Kabupaten Buleleng. “Menambah pengetahuan dan wawasan sehingga bisa kami terapkan apa yang sudah dilakukan di Kabupaten Buleleng,” sebutnya.

- Advertisement -

Dirinya menambahkan, Dekranasda Buelitung Timur juga sudah melakukan upaya-upaya secara aktif. Terus melakukan sinergitas program dengan pemerintah daerah dan memberikan dukungan dalam pengembangan kerajinan masyarakat. Baik itu peningkatan kualitas SDM, peningkatan kualitas produk, dan promosi secara berkesinambungan. ”Hal itu dilakukan sebagai komitmen untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai sector yang mampu menjadi kekuatan ekonomi di masa depan,” tandas Hj. Susy Siswari Yuslih Ihza. |R*|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts