159 PMI Langsung Jalani Test SWAB

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 159 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Bali dengan kapal pesiar Quantum of The Seas melalui Pelabuhan Benoa, Bali, Senin 4 Mei 2020. Seluruh PMI yang datang ini langsung menjalani tes Swab dan dilakukan oleh tim kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denasar dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Gugus Tugas Nasional memutuskan untuk memberikan akses penurunan PMI khususnya yang berasal dari Bali di Pelabuhan Benoa dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan.

- Advertisement -

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace yang hadir pada kesempatan ini mengatakan bahwa setelah menurunkan PMI di Bali, Kapal Pesiar Quantum Of The Seas selanjutnya menuju Jakarta (Pelabuhan Tanjung Priok). Tokoh Puri Ubud ini berharap agar hasil dari test SWAB semuanya Negatif agar para PMI ini bisa langsung kembali ke rumah masing-masing.

“Tentu kita berharap agar hasil test mereka negatif agar bisa kembali ke rumah masing-masing. Sembari menunggu hasil test nya, mereka akan dikarantina di hotel,” ungkap Cok Ace didampingi Kepala BPBD Provinsi Bali Made Rentin serta Kadis Peehubungan Provinsi Bali I Gede Wayan Samsi Gunarta.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Provinsi Bali yang juga Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan jika keputusan penurunan PMI di Bali merupakan kebijakan yang diambil oleh Gugus Tugas Nasional.

“Sesuai keputusan dan perintah Gugus Tugas Nasional, maka mereka harus diterima dengan baik di Bali karena ini satu penugasan dan juga kita ditugaskan untuk mengambil SWAB kepada PMI ini dilanjutkan dengan uji PCR yang akan kita lakukan nanti di Laboratorium yang kita kelola,” jelas Dewa Indra.

- Advertisement -

Setelah menjalani test SWAB diatas kapal, seluruh PMI yang terdiri dari 120 orang asal Bali, 27 orang asal Jawa Timur dan 12 orang berasal dari NTB ini selanjutnya diinapkan di Inna Beach Kuta sembari menunggu hasil lab PCR nya.

“ Jika nanti ada yang hasilnya positif, maka harus dilanjutkan denga perawatan. Entah dikarantina ditempat yang dikelola oleh Pemprov Bali atau di Rumah Sakit, tergantung kondisinya sesuai dengan SOP yang telah kita lakukan selama ini,” terangnya.

Dewa Indra menegaskan jangan sampai ada PMI positif yang lepas ke masyarakat maka akan berpotensi menginfeksi orang lain.

“Jadi ini sudah menjadi kesepakatan Gugus Tugas Nasional dengan Gugus Tugas Provinsi Bali. Mudah-mudahan bisa kita laksanakan dengan baik. Dan ini sudah menjadi tugas bersama yang harus ditangani dengan baik. Kami menerima informasi jika masih akan ada kapal-kapal lagi yang akan merapat di Bali membawa PMI. Prinsipnya kami pasti akan melaksanakan tugas dengan baik,” imbuhnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts