Satu Pasien Terkonfirmasi Positif, Tetangga PDP 80

Sekda Buleleng, Gede Suyasa |FOTO : RIKA MAHARDIKA|

Singaraja, koranbuleleng.com| Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng kembali mencatat adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID 19. Satu orang dari wilayah Kecamatan Seririt yang dinyatakan positif kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas, Kecamatan Sawan.

- Advertisement -

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng sekaligus Sekda Buleleng Gede Suyasa menjelaskan, PDP 86 merupakan hasil penelusuran yang dilakukan terhadap orang yang sebelumnya pernah melakukan kontak erat dengan PDP 80, seorang sopir Jawa-Bali berasal dari Wilayah Kecamatan Seririt yang merupakan pasie terkonfirmasi positif COVID 19.

“Dari tracing terhadap PDP 80 itu, ditemukan 38 orang, dan kemudian dilakukan pemeriksaan rapid test hasilnya ada empat orang yang reactive. Kemudian keempatnya dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya satu orang yang positif yaitu PDP 86, yang bersangkutan tetangganya (PDP 80, red),” jelasnya.

Selain ada satu pasien terkonfirmasi positif COVID 19, Gugus Tugas juga mencatat ada seorang pasien yang telah dinyatakan sembuh. Pasien tersebut adalah PDP 76, yang dirawat di RSP Giri Emas selama enam hari. Warga asal Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula ini sebelumnya terpapar COVID 19 karena sempat melakukan kontak erat dengan PDP 69.

Disisi lain, Tim Surveillance juga melakukan tracing terhadap orang yang melakukan kontak erat dengan PDP 84. Pasien tersebut kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Sanglah di Denpasar, dan dinyatakan positif COVID 19 setelah melahirkan di RSUD Buleleng.

- Advertisement -

Hasilnya diteukan ada 25 orang yang diketahui pernah melakukan kontak erat. Tim Medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng masih menyusun jadwal untuk melaksanakan pemeriksaan dengan rapid test terhadap 25 orang tersebut.

“Termasuk bayinya juga pasti akan dirapid test. Namun tim medik akan melihat dulu kondisi bayinya, karena usianya baru hitungan hari,”

Sampai dengan saat ini, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID 19 berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Buleleng berjumlah 13 orang. Sebanyak sembilan orang tengah mejalani perawatan di RSP Giri Emas, Kecamatan Sawan, sedangkan empat pasien lainnya dirujuk ke Denpasar. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts