Warung Kaget Bantu Warga Terdampak Corona

IWAPI Buleleng dan KPRK Bali membuka warung kaget sebagai bentuk layanan pemberian bantuan semabko dan bahan masakan untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak pandemi COVID 19 |FOTO ; Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu warga ditengah pandemic corona ini. Salah satu yang dilakukan oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (lWAPI) Buleleng bersama Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) Provinsi Bali memberikan bantuan kebutuhan pokok bagi warga dengan cara menggelar lapak ‘Warung Kaget’ di gedung Laksmi Graha, Singaraja, Minggu 7 juni 2020.

- Advertisement -

Sembako yang diberikan, berupa bahan masakan yang segar seperti bumbu masakan, minyak goreng, sayur, ikan, gula, buah jeruk, tempe, dan tahu.  

Ketua Tim PKK Provinsi Bali,  Ny. Putu Putri Suastini Koster juga menyumbangkan beras di warung kaget ini untuk warga.  Putri Suastini dalam kesempatan ini menyumbangkan beras seberat 5 kg sebanyak 50 paket dari dana pribadinya.

Sebelum mengambil sembako, masyarakat diberikan nomer antrean terlebih dahulu. Lalu sesuai nomor antrean tersebut, warga mengambil sendiri bahan-bahan masakan tersebut secara bergantian. Sementara jumlah bantuan sembako yang  disediakan untuk 50 orang. 

Agenda pemberian bantuan ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, Ketua KPRK Provinsi Bali A.A.A Ngurah Tini Rusmini Gorda, dan Ketua IWAPI Buleleng Putu Gunarti. 

- Advertisement -

Ketua IWAPI Buleleng Putu Gunarti mengatakan, bantuan sembako tersebut menyasar, lansia, dan masyarakat kurang mampu yang sudah tidak bekerja lagi sebagai korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).  

Ia mengaku, dana pembagian sembako ini merupakan hasil dari urunan pribadi dari anggota IWAPI. Gunarti menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menghadapi “New Normal”.

“Arahannya adalah edukasi new normal life, bagaimana masyarakat menghadapi new normal ditengah pandemi covid-19 dan bagaimana mereka bisa menjaga ketahanan pangan makanya kami juga memberikan bibit,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua TPP Provinsi Bali Ny. Putri Koster mengapresiasi kegiatan warung kaget ini.  Dirinya merasa tertarik untuk ikut datang dan menyaksikan pembagian sembako secara langsung karena berisi edukasi kedisplinan dan protokol kesehatan COVID 19.  

Menurutnya, cara yang dilakukan dalam pembagian sembako ini sangat unik dan berbeda. Karena dapat langsung bertatap muka walaupun tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Kalau dilakukan seperti ini perasaannya berbeda karena bisa langsung komunikasi sehingga suasana hati kita bisa bahagia dan dapat meningkatkan imun tubuh,” Jelasnya. 

Hal yang sama diungkapkan oleh Plt. TP. PKK Kabupaten Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra. Menurutnya, sembako ini tentunya sangat membantu masyarakat Buleleng yang terkena dampak COVID 19.  TP. PKK Kabupaten Buleleng juga akan melakukan kegiatan dan skema penyerahan bantuan yang sama. 

“Skema ini sangat bagus untuk mengajarkan masyarakat untuk menjalani new normal nanti. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan, physical dan social distancing, dalam melakukan aktifitas sehari-hari,” pungkasnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts