Pemkab Buleleng Bentuk Tim Pengawas Pasar dan Pusat Belanja

Pembentukan Tim Pengawasan Pasar, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern |FOTO : Putu Nova A.Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng telah membentuk Tim Pengawasan Pasar, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Moderen untuk memantau kedisiplinan penerapan protokol kesehatan pada sektor tersebut di era adaptasi kehidupan baru.  

- Advertisement -

Tim Pengawasan melibatkan unsur TNI, Polri, dan Desa Adat. Pembentukan Tim Pengawasan ini melalui Keputusan Bupati Buleleng Nomor 360/442/HK/2020.

Tim Pengawasan akan dibagi dua yakni Tim Pembina dan Pengarah yang bertugas memberikan pembinaan dan arahan kepada pelaksana dalam melaksanakan pengawasan, dan melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengawasan.

Sementara Tim Pelaksana yang bertugas menetapkan dan melaksanakan rencana pengawasan, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan pengawasan, melakukan pengawasan, mengerahkan sumber daya untuk pengawasan, melaporkan pelakasanaan pengawasan kepada Bupati Buleleng melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng.

Sejumlah unsur diundang untuk pembentukan Tim Pengawasan Pasar, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern di Ruang Rapat Unit IV, Rabu 15 juli 2020.  Rapat tersebut dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buleleng Ni Made Rousmini,S.Sos dan diikuti oleh Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, SE.,M.I.K., Kabag. Operasi Kepolisian Resor Buleleng Kompol A.A Wiranata Kusuma, dan Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Drs. Dewa Made Sudiarta.

- Advertisement -

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buleleng Ni Made Rousmini,S.Sos mengatakan, dalam rapat tersebut sudah menemukan kesepakatan bersama. Tim akan segara bergerak untuk melakukan pengawasan. Dengan dibentuknya tim pengawasan ini, dapat mendorong masyarakat untuk lebih disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Tujuan kami adalah untuk mendisplinkan mereka didalam tatanan new normal ini. Itu yang terpenting, melakukan pengawasan secara efektif terhadap pedagang dan masyarakat yang akan berbelanja,” ujarnya.

Rousmini menambahkan, pengawasan ini akan dilakukan diseluruh Kabupaten Buleleng. Ia mengatakan, Tim pengawas juga ada di setiap Kecamatan di Kabupaten Buleleng untuk mengawasi pasar dan pusat perbelanjaan yang ada di Desa masing-masing Kecamatan.

“Intinya bagaimana tim ini bisa bekerja secara efektif melakukan pengawasan terhadap pedagang dan masyarakat,” pungkasnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts