Undiksha Beri Penghargaan Mahasiswa dan Dosen Berprestasi

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd memberikan penghargaan bagi mahasiswa dan dosen yang meraih prestasi |FOTO : I Putu Nova A.Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com |Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan penghargaan bagi mahasiswa dan dosen yang meraih prestasi bidang minat, bakat dan penalaran di tingkat nasional maupun internasional, Jumat 24 Juli 2020.  

- Advertisement -

Saat ini, Undiksha menargetkan di 20 besar secara nasional dalam Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswa (SIMKATMAWA) bersaing dengan 132 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan sekitar 4000 lebih Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Proses pemerinkatan ini masih berjalan. Pemeringkatan dalam SIMKATMAWA ini bertujuan untuk meningkatkan mutu institusi yang berbanding lurus dengan peningkatan mutu lulusannya.

Undiksha memberikan penghargaan bagi 150 mahasiswa dan 18 orang dosen yang berpretasi dalam kompetisi akademik dan non akademik pada tahun 2019. Penghargaan yang diberikan berupa medali, sertifikat dan uang pembinaan.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd merasa berbahagia karena prestasi mahasiswa dan dosen dinilai sangat luar biasa. 

“Juara 1 sesungguhnya mengungguli yang lain diberbagai bidang. Ini menunjukkan bahwa prestasi Undiksha tidak kalah saing yang dengan lain.” ujar Jampel, Jumat 24 Juli 2020.

- Advertisement -

Menurut Rektor Jampel, capaian prestasi ini mendongkrak rangking Undiksha secara nasional, karena keberhasilan sebuah perguruan tinggi dilihat dari keberhasilan mahasiswa dan dosen dalam meraih prestasi dalam bidang minat, bakat dan penalaran ini.

Dia menegaskan, Rektorat akan terus memacu dan memotivasi mahasiswa dan dosen untuk terus berkarya sesuai bidang akademisnya sehingga Undiksha tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi lain secara nasional.

“Saya katakan pemberian penghargaan ini sebagai motivasi bagi mahasiswa dan dosen untuk terus memacu prestasinya, dan saat ini prestasi Unidksha sudah melebihi target,” ucapnya.

Jampel memastikan pembinaan akan terus dilakukan bagi anggota civitas Undiksha yang terus memiliki prestasi. Bahkan, pihak rektorat akan memberikan kebijakan secara khusus bagi mahasiswa yang berprestasi dalam ajang Pimnas (Pekan Ilmiah mahasiswa Nasional).

“Ini sebagai pengakuan kredit kepada mahasiswa yang lolos dan berprestasi di Pimnas, kan hebat. Misalnya  berprestasi dalam bidang statistik atau metodologi penelitian maka sudah langsung mendapatkan nilai A. Karena dia sejak awal sudah mempersiapkan diri baik untuk kompetisi dan mendapatkan prestasi,” terangnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Lukas Norman Kbarek sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Undiksha. Hal tersebut dinilai sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat berprestasi yang tidak hanya untuk dirinya, namun juga mahasiswa lain, terlebih yang masih berada di semester muda. “Tentu ini hal yang luar biasa bagi saya karena Undiksha memberikan sebuah perhatian,” katanya. 

Mahasiswa asal Papua yang memilih Prodi Ilmu Hukum ini juga merasakan semangat berprestasi mahasiswa tidak dapat dilepaskan dari dukungan para dosen dan juga pimpinan universitas. Hal ini diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga Undiksha semakin berdaya saing. “Saya sangat bangga menjadi bagian Undiksha. Saya yang dapat beasiswa Afirmasi mendapatkan banyak pengalaman disini. Termasuk dalam mengejar prestasi,” terangnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts