Bentuk Akademi, PBVSI Cari Bibit Pemain dari Pelosok Buleleng

Rakertas Pengkab PBVSI Buleleng |FOTO : Edi Toro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pengkab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Buleleng memprioritaskan pembentukan akademi Bola Voli di Buleleng untuk mewadahi pembinaan atlet bola voli.  Ini menjadi programprioritas uang dicetuskan dalam  Rapat Kerja Terbatas (rakertas) Pengkab PBVSI Buleleng, Minggu 9 Agustus 2020. 

- Advertisement -

Ketua Umum PBVSI Buleleng, Putu Mangku Mertayasa, mengatakan  pembentukan Akademi Bola Voli  merupakan keharusan. Hal tersebut sebagai upaya mencari potensi  bibit pemain Voli yang caliber yang dimiliki Kabupaten Buleleng. 

“Ini yang harus dikelola dengan jelas dan intens. Harus ada wahana yang profesional untuk melakukan pendidikan di olahraga Bola Voli dari usia dini, pemula, remaja dan juga junior,” ujarnya

Mangku menyebut akan menampung bibit dari pelosok timur hingga barat Kabupaten Buleleng. Sehingga atlet-atlet bola voli bisa dibina dan dibentuk sejak dini.  Nantinya setiap atlet  akan dibentuk dengan standarisasi internasional. 

“Jangan sampai nanti ada tournament atau event, kita malah mengambil atlet ditengah jalan. Sehingga ketahanan fisik, mental dan profesionalisme nya baik. Ini akan berkesinambungan,” imbuh Mertayasa

- Advertisement -

Selain itu, PBVSI Buleleng juga akan menggandeng seluruh stakeholder yang terkait untuk dilibatkan. Tak hanya Undiksha sebagai sumber SDM, tetapi juga dukungan pemerintah Kabupaten dan Provinsi Bali. Terkait sarana prasarana yang mendukung pembentukan Akademi Bola Voli ini modal utamanya adalah semangat pengurus PBVSI  dengan  menghibahkan  melalui Disdikpora Buleleng.  

“Beliau-beliau sebagai pengambil kebijakan pasti mereka akan memberikan support. Kita juga sudah dikasih hibah lahan,” ungkapnya 

Selanjutnya Pengkab PBVSI Buleleng akan melakukan pendekatan ke Dinas Pendidikan Provinsi Bali untuk menyebar Surat Edaran (SE) menghidupkan kembali ekstra bola voli di masing-masing sekolah.

Selain itu program mendesak yang segera akan dilaksanakan di penghujung tahun 2020 ini adalah event perang bintang dengan mengundang sejumlah klub voli besar di Bali. 

Sementara itu rakertas PBVSI Buleleng dibuka langsung Wakil Ketua II KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja mewakili Ketua Umum KONI Buleleng.

Wiratmaja mengatakan, KONI Buleleng mengapresiasi langkah awal pengurus PBVSI baru yang

merupakan satu-satunya Pengkab asuhan KONI melakukan rakertas. 

Sistem kerja PBVSI Buleleng ini pun disebut akan dijadikan referensi untuk Pengkab olahraga lainnya yang berkembang di Buleleng. Kepengurusan baru pun diharapkan dapat bekerja maksimal menjawab tantangan masyarakat selama ini yang meragukan eksistensi olahraga bola voli di Buleleng. 

“Ada pernyataan di masyarakat kemarin jangan anget-anget tahi ayam ini mudah-mudahan pengurus bisa menjawab tantangan dari masyarakat,” harapnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts