Peserta SKB Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test

Singaraja, koranbuleleng.com| Setelah sempat tertunda oleh Pandemi COVID 19, tahapan seleksi CPNS formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Rencananya, untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan berlangsung di Bulan September. Syaratnya, peserta wajib memperlihatkan hasil rapid test.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, jumlah peserta yang berhasil lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan berhak melanjutkan ke tahapan SKB di Kabupaten Buleleng berjumlah 944 orang.

- Advertisement -

Menariknya, sebelum penetapan jadwal pelaksanaan SKB, dilaksanakan penentuan lokasi untuk pelaksanaan tes SKB oleh para peserta, sesuai dengan lokasi pada SSCN dan Domisili. Alhasil untuk peserta yang terdaftar di Kabupaten Buleleng, akan dibagi dalam tiga lokasi. Yakni sebanyak 913 orang akan melaksanakan tes di Kantor BPSDM Provinsi Bali, 1 orang di Kanreg X BKN, dan sebanyak 30 orang akan melaksanakan tes SKB di luar Provinsi Bali dengan memilih lokasi di Kantor UPT atau Kanreg yang ada di wilayah tersebut.

Kepala BKPSDM Buleleng Gede Wisnawa menjelaskan, Buleleng akan mendapatkan jadwal untuk pelaksanaan SKB pada 8 hingga 10 September 2020 mendatang. Sementara untuk sistemnya akan berbeda dengan pelaksanaan test sebelumnya.

“Salah satunya adalah nanti di dalam ruangan, itu maksimal hanya boleh 50 peserta saja. Kalau dulu kan 100 orang bisa. Ini memang sesuai protokol kesehatan penanganan COVID,” jelasnya.

Selain itu, para peserta tes SKB juga diwajibkan untuk memperlihatkan surat keterangan hasil pemeriksaan rapid test. Dimana untuk pemeriksaan itu dibebankan kepada peserta masing-masing. Wisnawa menyebut jika persyaratan itu telah ditentukan oleh Pemerintah, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penularan COVID 19.

- Advertisement -

“Kalau yang nantinya non reaktif, itu bisa ikut test satu kelompok dengan 50 orang. Tapi jika nanti ada yang hasilnya reaktif, itu nanti tempatnya akan terpisah dan ditentukan BPSDM Bali. Mereka tetap ikut tes sesuai jadwal, Cuma tempatnya beda,” ujarnya.

Sesuai dengan Petunjuk Teknis yang telah disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) tes SKB ini adalah tes terakhir yang akan diikuti oleh para pelamar CPNS Formasi tahun 2019. Sementara untuk pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan 30 Oktober 2020 mendatang. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts