Empat Keluarga Penerima Manfaat PKH Lakukan Pengunduran Diri

Kadis Sosial Buleleng, Putu Kariaman Putra mengunjungi keluarga penerima manfaat PKH yang melakukan graduasi mandiri atau pengunduran diri |FOTO : Edi Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Empat keluarga penerima manfaat (kpm) mengundurkan diri secara sukarela dari kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH) karena telah mengalami peningkatan kesejahteraan keluarga.

- Advertisement -

Mereka semua berada di wilayah Kecamatan Buleleng. Kondisi itu diistilahkan sebagai graduasi sejahtera mandiri. Yakni berakhirnya kepesertaan KPM PKH karena kondisi sosial ekonomi yang sudah meningkat dan dikategorikan mampu sehingga tidak layak lagi untuk mendapatkan bantuan sosial PKH. Graduasi sejahtera mandiri dapat terjadi dari inisiatif KPM sendiri atau dorongan dari pendamping sosial, atau pihak lain.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Putu Kariaman Putra  mengatakan, mereka yang melakukan pengunduran diri sebelumnya telah menggunakan bantuan PKH untuk mendirikan usaha-usaha kecil. Seperti berdagang ataupun kegiatan ekonomi lainnya.

“Kesadaran masyarakat mulai tumbuh untuk bangkit dan tidak bergantung pada bantuan pemerintah, hal tersebut dibuktikan dengan mulai adanya sejumlah keluarga yang mengundurkan diri untuk menerima bansos”ujarnya

Kariaman Putra mengatakan graduasi mandiri akan memberikan kesempatan  warga lain yang belum tersentuh bantuan pemerintah.

- Advertisement -

”Warga yang belum mendapatkan program atau yang tercecer, selanjutnya kita ajukan ke program PKH,” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts