Perubahan Prilaku Belanja Diera Pandemi Covid-19

Seorang warga melakukan pembayaran secara digital melalui aplikasi QRIS |FOTO : Putu Nova Anita Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pandemi Covid-19 juga merubah prilaku belanja masyarakat. Transaksi kini lebih banyak berlangsung secara online atau digital, mulai dari sistem pemasaran, pengiriman hingga pembayaran.

- Advertisement -

“Masa Pandemi ini memang merubah perilaku warga untuk berbelanja. Dulu banyak yang datang ke kebun, sekarang ketika saya posting tanaman di media sosial, konsumen juga sudah bisa langsung pesan dan pembayaran bisa melalui transfer bank atau COD,” kata Nari, salah satu pelaku usaha kecil bidang pembibitan tanaman.

Nari mengaku, ketika sudah deal di media sosial, pembayaran dilakukan secara transfer, maka barang baru bisa dikirimkan.

Era sekarang, sudah jarang ada transaksi langsung. Pemilik bisnis tanaman seperti Nari bahkan kadang memposting di grup-grup media sosial dan grup whatsapp. “Itu sudah jadi pasar konsumen, peluangnya besar. Tidak susah cuma posting saja, pasti ada saja yang pembeli.” tambahnya.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kata Nari, bisnis tanaman justru sedang naik daun karena kehidupan masyarakat kini cenderung berubah. Jika sebelum pandemi covid-19, jarang warga bisa meluangkan waktu untuk berkebun, namun sekarang warga lebih banyak melakukan aktivitas di perkebunan atau taman untuk menghindari kerumunan itu.

- Advertisement -

Menurutnya, asalkan kedua belah pihak menerapkan protokol kesehatan, maka semua bisa saling menjaga ditengah Pandemi Covid-19 ini.  

Bukan hanya Nari yang berbisnis tanaman yang merasakan perubahan prilaku masyarakat saat belanja, namun ada pelaku usaha bidang lain seperti kuliner.

Salah satu pelaku usaha kuliner, Made Fendi mengaku dirinya juga melayani pesanan online, namun tetap bisa membuka kedai makan untuk melayani masyarakat yang ingin langsung menikmati ragam menu yang dijual.

Secara online, selain bekerja sama dengan jasa pengantaran secara online,  dia juga melakukan upaya pemasaran melalui kanal media sosial yang dimilikinya.

“Namun ada juga yang datang langsung makan ke sini, kami tetap terapkan protokol kesehatannya dan siapkan sarana. Saat bayar, kami juga melayani secara digital, melalui aplikasi QRIS,” ujarnya.

Aplikasi QRIS ini hampir rata-rata digunakan antara pembeli dan pelaku usaha di Singaraja. Pembeli hanya melakukan pembayaran secara digital melalui scan barcode lewat aplikasi QRIS yang sudah disiapkan di mobile banking oleh pihak perbankan. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts