Jaga Lansia Dengan 3M dan Hidup Sehat Agar Tidak Tertular COVID-19

Wakil Bupati Buleleng, dr.Nyoman Sutjidra, Sp.OG saat membagikan masker kepada warga Buleleng |FOTO : arsip koranbuleleng.com|

Singaraja, koranbuleleng.com | Di masa pandemi COVID-19, kesehatan merupakan kekayaan yang sangat berharga bagi siapapun, termasuk kesehatan warga lansia.

- Advertisement -

Untuk melindungi lansia dari penularan COVID-19, kewajiban 3M tetap harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, selain menjaga rutinitas harian seperti cukup istirahat atau tidur, makan yang bergizi serta aktivitas fisik secukupnya.

Pesan itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, yang juga seorang dokter ahli kandungan.   

“Agar tetap sehat, lansia dianjurkan untuk tetap melaksanakan dan menjaga rutinitas harian, termasuk tidur, makan, dan aktivitas fisik lainnya termasuk berkomunikasi dengan orang-orang yang disayangi, melakukan panggilan telepon atau video keluarga yang jauh. Karena lansia juga butuh perhatian dari keluarga agar mereka semangat hidup mereka tetap terjaga,” terang Sutjidra melalui sambungan telepon, Sabtu 28 Nopember 2020.

Sutjidra mengatakan Pemkab Buleleng bersama komponen lain terus berupaya meningkatkan kualitas penanganan COVID-19 agar laju penyebaran atau penularan terus bisa ditekan. Saat ini, Sutjidra sudah melihat kedisplinan warga untuk menerapkan 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ketika berada di area publik.

- Advertisement -

“Ingat, setelah beraktivitas dan pulang ke rumah harus langsung membersihkan diri. Mandi yang bersih, pakaian langsung dicuci dengan deterjen. Yang jelas pola hidup bersih itu penting sekali. Ini saatnya untuk merubah perilaku kita untuk hidup bersih,” ucapnya.   

Disisi lain, Satgas percepatan penanganan COVID-19 Buleleng mencatat ada dua kasus baru terkonfirmasi Covid-19 dan dua pasien yang telah dinyatakan sembuh, Sabtu 28 Nopember 2020.  Tren kasus masih fluktuatif, sehari sebelumnya terdapat 4 kasus yang baru yang muncul.  

“Saat ini, ada 20 warga Buleleng yang dirawat karena COVID-19. Mereka di rawat di rumah sakit di Buleleng, dan di luar Buleleng,” ujar Anggota Satgas Penanganan COVID-19 Buleleng, bidang Data dan Informasi, I Ketut Suweca melalui siaran pers.

Suweca menjelaskan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 terus meningkat seiring dengan kerja keras dari tim medis penanganan COVID-19 memberikan pelayana kesehatan dengan sangat bagus, sesuai dengan protokol kesehatan.

Disisi lain, pelacakan atau penelusuran terhadap warga yang smepat kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi juga dilakukan dengan efektif sehingga penanganan bisa dilkaukan dnegan cepat.

Testing, tracing dan treatment ini berjalan efektif sehingga penanganan COVID-19 juga cepat dilakukan. Mudah-mudahan semakin melandai dan masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Suweca. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts