Kawasan Wisata Pemuteran Menggeliat Saat Nataru

Pecalang Segara desa Pemuteran |FOTO : arsip koranbuleleng.com|

Singaraja, koranbuleleng.com | Daerah wisata di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng menggeliat saat liburan akhir tahun 2020. Kawasan pariwisata yang terkenal dengan pantai yang indah dan konservasi terumbu karang  ini mengalami peningkatan kunjungan wisatawan domestik libur Natal dan tahun baru.

- Advertisement -

 “Sebagian besar mereka berlibur ke Desa Pemuteran datang bersama keluarganya. Didominasi wisatawan lokal seperti Denpasar, Jakarta, hingga Surabaya,” ungkap Ketua Pokdarwis Segara Giri Desa Pemuteran, I Ketut Sutrawan.

Peningkatan kunjungan wisatawan cukup signifikan hingga 80 persen. Padahal, saat sebelumnya kunjungan nyaris diangka nol persen karena terjadi Pandemi COVID-19. Tingkat hunian hotel juga melonjak.

“Hotel yang jumlah 50 kamar kadang hanya terisi 6 kamar, namun saat libur tahun baru kemarin terisi hampir penuh 40 kamar.” urainya.

Sutrawan menambahkan, peningkatan hunian juga dialami homestay dan villa milik warga lokal. Namun demikian, pihaknya juga mengakui banyak wisatawan yang membatalkan kunjungan karena kebijakan wajib tes usap berbasis PCR dan rapid tes.  “Mungkin alasanya karena ada aturan wajib uji swab,” imbuhnya.

- Advertisement -

Pengusaha bidang pariwisata di Pemuteran berharap kondisi pariwisata yang sempat lumpuh bisa kembali menggeliat.

“Kami berharap bisa terus seperti ini, jadi hotel bisakembali memperkerjakan karyawan. Mengingat akomodasi di Pemuteran banyak yang tutup,” katanya.

Sutrawan memastikan penerapan protokol kesehatan di setiap tujuan wisata serta tempat-tempat menginap para pengunjung maupun hotel. Hal ini dilakukan tak lain memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung maupun pemilik usaha wisata. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts