Jaga Ketahanan Pangan, 5000 Benih Ikan Ditebar

Penebaran benih ikan di kolam Desa Tukad Mungga |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat, sebanyak lima ribu ekor benih ikan nila dan kaper ditebar di Desa Tukad Mungga, Buleleng, Senin 11 Januari 2021. Penebaran benih ikan ini juga untuk pengembangan obyek wisata.

- Advertisement -

Perbekel Desa Tukadmungga I Putu Madia mengatakan, benih ikan yang ditebar merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng.

“Dua tempat yang ditebar benih ikan merupakan kolam sumber air yang mengairi sejumlah subak di Desa Tukadmungga. Untuk pemeliharaan akan terus diawasi dan berkoordinasi dengan pemerintah,” ujar Perbekel Desa Tukadmungga, I Putu Madia

Madia menambahkan, dengan luasan kolam sekitar 10 meter x 15, pemerintah Desa Tukad Mungga juga merancang objek wisata di tempat tersebut dengan membangun taman rekreasi untuk memancing.  

Sementara itu,  Sekretaris Dinas (Sekdis) KPP Buleleng, Jon Benni mengatakan, melalui penebaran benih ini, DKKP Buleleng berharap keseimbangan alam dan lingkungan semakin terjaga. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan keterlibatan masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan.

- Advertisement -

“Ini upaya yang bagus dari pihak desa, jadi selain untuk ketahanan pangan untuk desa, juga menjaga perkembangan kelestarian ikan untuk perikanan, utamanya ikan air tawar” ujarnya

Untuk benih yang didapat, pihak DKPP mengambil dari hasil budidaya di balai benih ikan yang ada di desa Ringdikit, Seririt.

“Kita kembangkan benih disana, kemudian atas permohonan Danramil dan Kepala Desa kita alokasikan dan kita bantu,”pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts