Hutan Lokapaksa Direboisasi

Penghijauan hutan di lokapaksa |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Reboisasi dilakukan di hutan desa Lokapaksa setelah ditemukan ada pelanggaran pengelolaan hutan. Penebangan kayu secara massif dan kesalahan penelolaan lain ditemukan oleh aparat beberapa waktu lalu. Beberapa jenis pohon yang di tanam diantaranya Sonokeling, tanaman buah-buahan seperti durian, alpokat dan mangga, Minggu 20 Maret 2021.

- Advertisement -

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Makmur, Desa Lokapaksa  Made Ani Jaya mengatakan, penanaman dilakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan hiutan agar tetap asri. Selain itu penanaman juga dilakukan karena adanya himbauan dari petugas terkait agar tidak melalukan pelanggaran dalam mengelola kawasan hutan.

” Penanaman dilakukan atas himbauan dari pemerintah” katanya

Ani Jaya mengakui jika sebelumnya ada anggotanya yang melakukan kelalaian dalam mengelola hutan Lokapaksa. Untuk itu kedepannya pihaknya akan lebih hati-hati dalam pengelolaan di kawasan hutan.

“Namanya manusia tak luput dari kelalaian, untuk itu kami sudah diberikan pembinaan oleh pihak-pihak terkait” terangnya.

- Advertisement -

Semetara itu, Kepala Dusun Sorga Mekar, desa Lokapaksa, Putu Karmita mengaku sangat mengapresiasi penghijauan di wilayah hutan desa Lokapaksa.  Selama ini, warganya memang menggantungkan hidup melalui pengelolaan hutan, sehingga ke depan masyarakat setempat bisa menikmati hasil tana menyalahi aturan. 

“Warga kami bergantungan pada pengelolaan hutan, jadi dengan ini ke depannya bisa di manfaatkan,” singkatnya.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts