Maruli Simanjuntak Lepasliarkan Tukik di Penimbangan

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melepasliarkan tukik bersama elemen masyarakat di Pantai Penimbangan, Baktiseraga | FOTO : EDY NURDIANTORO|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melepas 25 ekor tukik di kawasan konservasi Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Buleleng, Kamis 25 maret 2021.

- Advertisement -

Jenderal Maruli melakukan kunjungan kerja dengan mengunjungi beberapa daerah di Buleleng. Pelepasan tukik kali ini merupakan salah satu kegiatan Pangdam Maruli selama agenda kunjungan ke wilayah Buleleng.

Dalam kegiatan itu, Pangdam Maruli didampingi Camat Buleleng Nyoman Riang Pustaka, Perbekel Baktiseraga Gusti Putu Armada, dan Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penimbangan Lestari Gede Wiadnyana.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengatakan,  pelepasan tukik ke habitat aslinya merupakan salah satu kegiatan konservasi untuk kondisi lingkungan yang semakin baik. Selain itu Maruli mengapresiasi kepedulian masyarakat pesisir Penimbangan menjaga lingkungannya dengan membangun pusat penangkaran telur penyu. Hal ini disebut sebagai upaya pelestarian ekosistem bawah laut.

“Semakin banyak melakukan seperti bidang konservasi laut, dan sektor lain, maka kondisi lingkungan kita akan semakin baik,” katanya.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari Gede Wiadnyana mengatakan, kunjungan Pangdam IX Udayana ini menjadi penyemangat dalam kegiatan konservasi laut yang sudah di mulai selama hampir 6 tahun silam. Karena konservasi sendiri tidak bisa hanya dilakukan oleh kelompok tertentu saja, namun memerlukan dukungan dari pihak-pihak lain.

“Ini menjadi momentum positif untuk mengenalkan kegiatan konservasi laut, sehingga masyarakat lebih paham terhadap keberadaan penyu ini, agar kita bersama-sama ikut menjaganya” kata Gede Wiadnyana. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts