PPDB Sepenuhnya Dilakukan Online

Simulasi pembelajaran tatap muka tingkat SMP |FOTO : Yoga Sariada|

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Buleleng, mulai melakukan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022. PPDB tahun ini sepenuhnya akan dilakukan secara online, mengingat masih dalam situasi Pandemi COVID-19.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika mengatakan, PBDB  akan segera dilaksanakan pada bulan Juni 2020 sesuai dengan Peraturan Bupati Buleleng sebagai implementasi dari Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Nantinya seluruh pendaftaran di setiap jenjang pendidikan khususnya jenjang  sekolah menengah pertama (SMP) sepenuhnya secara online. Di Kabupaten Buleleng tercatat ada sekitar 12.000 siswa yang akan melanjutkan ke jenjang SMP.

“Baru pertama ini kita mencoba untuk melaksanakan PPDB secara online tentu dengan sistem yang kita buat sendiri, jadi mencoba kita melakukan itu karana mandat dari kemendikbud, bahwa dalam situasi masa pandemic  COVID-19 PPBD dilaksanakan secara daring,” katanya.

Dalam pelaksanaanya, Disdikpora Buleleng juga  telah membuat sistem secara online dengan Aplikasi yang disebut dengan E-PPDB online yang secara mekanismenya akan bekerja sama dengan Diskominfosanti Buleleng. Untuk pendaftaran PPDB akan dilakukan oleh operator sekolah dengan menggunakan link atau akun sendiri dengan menggunakan akun NPSN.

- Advertisement -

Astika menambahkan, PBDB  tahun ini juga tetap menggunakan zonasi dan terdapat penambahan kuota jalur prestasi dari lima 5 persen menjadi 30 persen.

Sementara itu, Terkait dengan  pembelajaran tatap muka, hingga saat ini Disdikpora Kabupaten Buleleng belum dapat memastikan akan dapat berlangsung di tahun ajaran baru mendatang.

 “Dari verifikasi sekolah, seluruh sekolah di Buleleng telah siap melaksanakan tatap muka, terkait vaksin, dari data Disdikpora, 90 persen guru di Buleleng telah menjalani vaksinasi COVID-19” pungkas Astika. |NP/Y|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts