Kemendikbud Buka Keran Beasiswa Pendidikan

Mahasiswa penerima beasiswa pendidikan |FOTO : Luh Sinta Yani|

Denpasar, koranbuleleng.com|Biaya selalu menjadi perkara besar dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Banyak masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual tapi tidak percaya diri untuk melanjutkan karena merasa tak mampu membayar.  Untuk mengatasi permasalahan itu, pemerintah Indonesia mengeluarkan banyak beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

- Advertisement -

Melalui kegiatan Annual Gathering Pembekalan dan Pembinaan Beasiswa Unggulan dengan tema Insan Cerdas dan Kompetitif, Kamis 10 Juni 2021 kemarin, permasalahan tersebut juga dijawab oleh pemerintah. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Inna Kuta mengajak para awardee Beasiswa Unggulan untuk mensosialisasikan beasiswa-beasiswa pemerintah kepada masyarakat luas.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menganggarkan berbagai jenis beasiswa dengan berbagai kategori untuk masyarakat. “Ada 16 jenis beasiswa dengan kategori degree, dan 33 jenis beasiswa dengan kategori non-degree.” ungkap  Koordinator Pokja Puslapdik, Kemendikbud, I Wayan Loster.

Beragam beasiswa bisa diakses link www.beasiswa.kemendikbud.go.id. Beasiswa terkini yang bisa diakses oleh calon mahasiswa S1 adalah beasiswa KIP Kuliah. Sistem pemberian beasiswa KIP Kuliah sedikit berbeda pada tahun ini.  “Tahun ini pemberian beasiswa KIP Kuliah paling banyak akan diberikan sebesar 12 juta yang dulunya hanya 2,4 juta. Sedangkan untuk biaya hidup akan dibagi menjadi 5 klaster. “ tambahnya.

Daerah-daerah dikelompokan menjadi 5 klaster, sehingga biaya hidup akan disesuaikan dengan daerah tersebut. Klaster yang paling rendah akan memperoleh biaya hidup sebesar Rp800.000, dan klaster yang paling tinggi sebesar Rp1,4 juta.

- Advertisement -

Pada bulan Juli juga akan dibuka Beasiswa Unggulan untuk jenjang S1 dan S2. Beasiswa ini bisa diikuti oleh mahasiswa baru atau mahasiswa dengan status on-going. Link yang bisa diakses di https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/. Beasiswa yang paling besar yaitu LPDP yang khusus untuk mahasiswa S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. 

Peserta yang berasal dari awardee Beasiswa Unggulan se-Bali dan Nusa Tenggara sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.  “Ternyata beasiswa di Indonesia sangat banyak. Ini artinya bahwa pemerintah sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia. Selain mendapatkan sosialisasi beasiswa, kami juga mendapatkan materi wawasan kebangsaan dan motivasi” tutur Paramitha, salah satu awardee S2 di IPB. |SY|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts