Jelang Idul Adha, Permintaan Sapi dan Kambing Meningkat

Singaraja, koranbuleleng.com | Menjelang hari Idul Adha 1442 Hijriah, permintaan hewan kurban di Buleleng sudah mulai ramai.  Idul adha 1442 hijriah akan jatuh di tanggal 20 Juli 2021. Data dari Dinas Pertanian (Distan) Buleleng, peningkatan hingga mencapai 80 persen dibandingkan hari biasanya.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Buleleng, Made Suparma mengatakaan, permintaan sapi dan kambing ini menigkat terlihat dari adanya penigkatam penerbitan surat rekomendasi kesehatan hewan yang dikirim antar pulau. Peningkatanya hingga 80 persen dibanding hari-hari biasa.

- Advertisement -

Hewan kurban ini sebagian besar dikirim ke wilayah Pulau Jawa seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, dan beberapa kota besar lainnya.

“Sejak Lebaran Idul Fitri pada Mei lalu hingga menjelang Idul Adha ini sapi dan kambing yang di gemukan oleh peternak di Buleleng juga mengalami kenaikan,” katanya, Rabu 30 Juni 2021.

Meskipun penjualan meningkat, persediaan sapi dan kambing untuk kurban Idul Adha  dipastikan mencukupi. Khusus di Buleleng, ada beberapa desa sentra usaha penggemukan sapi dan kambing. Usaha penggemukan itu menjadi penyedia ternak untuk dipotong. 

“Sebagian besar penggemukan sapi dan kambing ada di wilayah Kecamatan Busungbiu dan Kecamatan Sukasada” imbuhnya

- Advertisement -

Pihaknya juga melakukan pengawasan agar menjamin sapi dan kambing yang dijual sudah cukup umur dan dipastikan yang dijual itu adalah yang jantan. Ini penting untuk tetap menjaga populasi di tingkat peternak.

“Jadi kecil kemungkinan ternak yang dijual itu adalah betina atau bahkan yang masih anakan,”pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts