Bupati Buleleng Dukung Kedokteran Undiksha Tingkatkan Kompetensi

Diskusi Pengembangan Fakultas Kedokteran Undiksha |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mendukung Fakultas Kedokteran Undiksha meningkatkan kompetensi dan  literasi data penggunaan teknologi dan membangun misi kemanusiaan di tengah adaptasi perkembangan revolusi industri 4.0.

Menurut Agus Suradnyana,j ika melihat perkembangan terutama era industri 4.0 Undiksha harus cepat dalam menyiapkan mahasiswa untuk memperkuat literasi baik berkaitan dengan data maupun literasi kemanusiaan.  

- Advertisement -

Humanities Literacy  atau pendidikan yang berkemanusiaan ini, adalah bagaiman mahasiswa mampu  memanfaatkan kemampuan untuk menguasai data dan teknologi. “Karena sering sekali setiap mengembangkan sesuatu tidak berbasis data, banyak seminar-seminar yang kurang berbasis data. Kedepan tidak boleh seperti itu lagi, kita masukan teknologi dibarengi dengan humanities literacy,” ujar Agus Suradnyana saat menghadiri diskusi Pengembangan Fakultas Kedokteran Undiksha, di Hotel Puri Sharon, yang menghadirkan  Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dr. Putu Moda Arsana, SpPD, K-EMD, FINASIM sebagai pembicara, Sabtu 3 Juli 2021.

Agus juga menekankan agar Fakultas Kedokteran Undiksha mampu menjalin komunikasi dengan baik, berdiskusi, dan mampu bertukar pikiran dengan pihak-pihak lain. Kompetensi harus lengkap mengutamakan data, teknologi, dan literasi kemanusiaan sehingga bisa menyiapkan lulusan yang siap bekerja untuk masyarakat. ” Tiga hal ini harus lengkap jadi semua harus bisa dikuasai dengan baik sehingga harapan saya bukan hanya tingkatkan SDM tapi benar-benar sudah siap mereka untuk bekerja turun ke masyarakat” jelas Agus Suradnyana.

Berkaitan dengan pengembangan Fakultas Kedokteran Undiksha, Bupati Agus Suradnyana menyatakan akan mendukung dengan usaha terbaiknya termasuk menerima input dari Ketua KKI termasuk usaha berkelanjutan Undiksha. Selain itu, kata Agus, Pemkab Buleleng juga siap untuk menyiapkan rumah sakit pendidikan utama dengan juga menambah dokter-dokter spesialis dalam penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).  

“Untuk mendapatkan surat izin praktek sehingga perkembangan FK Undiksha ini benar-benar menyeluruh. Akreditasinya lulus, jumlah mahasiswa bertambah, kemudian saat lulus bisa punya surat izin praktek.” kata dia.

Senada dengan Bupati Buleleng, Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra menyampaikan bahwa Pemkab Buleleng selalu mendukung penuh Fakultas kedokteran Undiksha dari proses perencanaan awal, hingga saat ini. “Kami menyiapkan Rumah Sakit Pendidikan Utama sehingga setelah lulus, mahasiswa bisa melanjutkan ke ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Itu yang paling penting” papar dia.

Di sisi lain, Ketua Konsil kedokteran Indonesia (KKI) Putu Moda Arsana menyampaikan bahwa pengembangan Fakultas Kedokteran adalah tujuannya harus dapat menghasilkan dokter-dokter yang kompeten untuk mampu menyelesaikan permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat. “Banyak peraturan yang mengikat dokter dan pendidikan dokter, tapi semua menuju kesana dengan standar input, proses, dan output,” ujar Arsana. |ADV/R/NP|


Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts