Pemkab Buleleng Fasilitasi Sekretariat Bersama PHDI, KMHDI dan Paiketan Penyuluh Bahasa Bali

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng memfasilitasi Sekretariat bersama PHDI Kabupaten Buleleng, PC KMHDI Buleleng, dan Paiketan Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Buleleng. Peresmian sekretariat bersama dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Jumat, 17 September 2021.

Peresmian Sekretariat bersama yang beralamat di Jalan Abimanyu No. 1 Singaraja turut dihadiri oleh anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bali, Ir. I Gusti Ayu Mas Aries Sujati.

- Advertisement -

Untuk mengawali penempatan gedung baru, PHDI Kabupaten Buleleng, PC KMHDI Buleleng, dan Paiketan Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Buleleng mengadakan upacara pencaruan dan matur piuning, sebelum dilanjutkan pada penandatanganan berita acara serta pemotongan pita.

Ketua PHDI Kabupaten Buleleng, Dr. Gede Metera mengungkapkan ke depan PHDI secara berkelanjutan menggelar pendidikan dan pembinaan keagamaan terhadap masyarakat termasuk tentang Sudhi Wedani. Sehingga paling tidak tahu dasar-dasar agama hindu.

“Mudah-mudahan dengan adanya sekretariat bersama, program pendalaman yang masuk agama Hindu bisa dilakukan di kantor,” ujar Metra.

Hal ini juga sejalan dengan yang disampaikan oleh Ir. I Gusti Ayu Mas Aries Sujati, bahwa keberadaan sekretariat bersama PHDI, KMHDI, dan Penyuluh Bahasa Bali, akan sangat besar pengaruhnya terhadap eksistensi hindu serta adat dan budaya Bali karena ketiga lembaga ini saling berkaitan dan bersatu padu.

- Advertisement -

“Semoga ke depannya kita bisa anggarkan untuk kelengkapan di dalam sekretariatnya,” ujar Mas Aries.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara berharap ketiga organisasi ini dapat bersinergi dalam rangka menuju percepatan pencapaian tujuan pembangunan Kabupaten Buleleng.

Dimana pada misi ketiga Pembangunan Kabupaten Buleleng yaitu membangun Sumber Daya Manusia yang profesional, berbudaya, berintegritas, dan berkarakter. Karena ini merupakan satu pemicu kita untuk pencapaian kinerja dari Dinas Kebudayaan, maka difasilitasi berupa bangunan gedung.

“Kedepannya akan disiapkan secara bertahap mengenai bantuan dan sarana prasarana lainnya” terang Dody. |SY|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts