Pemerintah Siapkan Operator Khusus Aplikasi PeduliLindungi

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah Kabupaten Buleleng menyiapkan operator Aplikasi PeduliLindungi di masing-masing kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

Operator bertugas melayani masyarakat dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan mengatakan, hingga saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah diterapkan di semua perkantoran Pemerintah Kabupaten Buleleng dan BUMD.

Sejumlah petigas juga telah diberikan pelatihan terkait penerapan aplikasi PeduliLindungi. Mereka juga bertugas untuk menyosialisasikan serta membantu masyarakat untuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Masyarakat yang masih bingung tentang tata cara penggunaan aplikasi bisa sesegera mungkin ditangani saat melakukan pelayanan oleh petugas.

“Masyarakat yang tidak memiliki handpone Android tidak usah kawatir. Cukup membawa data diri berupa nomor NIK KTP dan nomor HP saat melakukan pendaftaran saat vaksinasi maka sudah bisa diproses untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” jelas Suwarmawan, selasa 28 September 2021

- Advertisement -

Suharmawan menambahkan, selain di lingkup perkantoran pemerintah, aplikasi PeduliLindungi juga akan diterapkan pada fasilitas publik serta fasilitas umum komersial seperti pertokoan, bank, restoran, hotel.

“Sasaran selanjutnya ke fasilitas-fasilitas umum lainnya termasuk daerah tujuan wisata, sampai saat ini sudah ada beberapa yang berhasil menerapkannya,“ lanjut Suwarmawan.

Suwarmawan menambahkan, beberapa fitur dan indikator yang ada pada aplikasi PeduliLindungi, untuk mengetahui tingkat vaksinasi dari warga, serta menginformasikan panduan zona sehingga masyarakat lebih aman dalam bepergian dan beraktivitas.

“Untuk keamanan data, dari Kementerian Kominfo pusat sudah menjamin keamanan data. Data ini akan disimpan dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan ke kepihak lainnya, jadi data sangat aman,” pungkas Suharmawan. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts