Lapas Singaraja Deklarasi Zero Halinar

Deklarasi Halinar di Lapas Klas IIB Singaraja |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Singaraja melakukan penandatanganan Deklarasi Zero Handphone, Pungutuan Liar, Narkoba atau Halinar. Pernyataan deklarasi berlangsung di dalam Lapas Kelas IIB Singaraja, rabu 29 September 2021.

- Advertisement -

Kepala Lapas Singaraja, Mutzaini mengatakan, deklarasi Halinar bertujuan untuk meningkatkan komitmen warga binaan pemasyarakatan untuk tidak memiliki serta menyalahgunakan handpone di dalam Lapas Singaraja.

Para warga binaan juga tidak mengedarkan dan mengunakan narkoba di dalam Lapas Singaraja. Warga binaan juga harus mematuhi tata tertib yang berlaku di Lapas tersebut.

Selain itu, komitmen ini juga ditunjukan bagi petugas Lapas agar tidak melibatkan diri terhadap praktik pungli dan narkoba di dalam Lapas.

“Dengan komitmen dan deklarasi itu, kedepannya Lapas Singaraja diharapkan dapat bebas atau zero Halinar,” kata Mutzaini, Rabu 29 September 2021

- Advertisement -

Mutzaini menyebut, jika ada warga binaan dan petugas yang melanggar akan di berikan sanksi yang tegas. 

Dimana jika warga binaan melanggar akan di masukan ke sel isolasi selama 7 hari dan bisa di tambah sesuai pelanggaranya. Selain itu, warga binaan tak akan bisa terima remisi juga selama setahun.

Sedangkan untuk petugas Lapas yang melanggar siap di pindah tugas. Bahkan harus siap meninggalkan NKRI sesuai dengan janji deklarasi yang di bacakan.

“Pernyataan tersebut saya bacakan dan di ikuti temen-teman di lapas. Saya yakin mereka siap semua” lanjutnya

Deklarasi Halinar kali juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lapas Singaraja dengan Yayasan Dua Hati Bali terkait pemberian Asimilasi di dalam bagi Warga Binaan Perkara Narkotika PP 99 serta tes urine kepada petugas dan Warga Binaan oleh BNNK Buleleng.

Kegiatan diakhiri dengan pemusnahan barang bukti hasil penggeledahan yang sudah berlangsung sebelumnya.  |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts