DAK Kena Pangkas, Perbaikan Jalan Sambangan Diundur

Jalan desa Sambangan yang terlihat rusak di sejumlah titik. |FOTO :Yoga Sariada|

Singaraja, koranbuleleng.com| Ruas jalan raya Srikandi, di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada sudah mulai banyak yang rusak dan berlubang. Namun, rencana perbaikan baru bisa dilakukan tahun 2022 karena Pemkab Buleleng keterbatasan anggaran.

- Advertisement -

Keterbatasan anggaran itu karena ada Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng mengalami pemangkasan yang cukup besar. Dana yang seharusnya diterima sebesar Rp42 Miliar menjadi Rp 14 Miliar. Akibat pemangkasan ini, program perbaikan jalan yang dirancang untuk tahun depan praktis berkurang.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng, sejatinya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan jalan sepanjang 50 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp80 Miliar.  Namun pemerintah pusat rupanya hanya dapat memberikan dana DAK sebesar Rp14 Miliar. Diantaranya sebanyak Rp5 Miliar diantaranya untuk program perbaikan jalan, sementara sisanya lagi Rp9 Miliar untuk program sanitasi dan air limbah.

 “Dengan dana sebesar Rp 5 Miliar tersebut, praktis program perbaikan jalan tahun depan hanya dapat diprioritaskan untuk jalan Srikandi, Kecamatan Buleleng. Perbaikan Jalan Srikandi itu akan dilakukan hingga sepanjang 5 kilometer, atau hingga di pertigaan Desa Sambangan,” terang Kepala Dinas PUTR Buleleng I Putu Adiptha Jumat 15 Oktober 2021.

Jalan tersebut menjadi prioritas lantaran padat penduduk, berada di kawasan sekolah, serta banyak berlubang akibat langganan banjir. Nantinya Jalan Srikandi akan diperlebar dari 6 meter menjadi 8 meter.  Selain diperlebar, sepanjang jalan akan ditambah ketinggiannya.

- Advertisement -

Sementara program perbaikan jalan yang dananya bersumber dari APBD kata Adiptha saat ini anggarannya masih disusun oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). “Nanti Bupati yang memilih ruas jalan mana yang akan diperbaiki dengan dana APBD. Perbaikannya tapi terbatas,” katanya.

Disisi lain, Perbekel Desa Sambangan Perbekel Desa Sambangan Nyoman Sudarsana sangat berharap jalan di sepang jalan Srikandi sampai pertigaan Desa Sambangan cepat diperbaiki mengingat jalur tersebut sangat padat.

“Dengan tambahan jalan di Sambangan juga merupakan jalan alternatif menuju Denpasar, sangat besar harapan kami untuk perbaikan aspal di sepanjang desa Sambangan,”harapnya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts