Supriatna Bantu Petani Fasilitasi Program Pengembangan Pertanian

Singaraja, koranbuleleng.com | Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH menegaskan siap memfasilitasi para petani untuk mengakses program untuk kemajuan sektor pertanian di Buleleng. Termasuk diantaranya program pemanfataan teknologi pertanian.

Halitu dia ungkapkan saat melakukan kegiatan “Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Alat dan Mesin Pertanian Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian” Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan I Dewa Gede Sugiharto di Paruman Subak Uma Panji, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng.

- Advertisement -

Supriatna menegaskan seiring dengan perkembangan teknologi khususnya di bidang pertanian, secara tidak langsung menuntut para petani harus mulai berdaptasi menggunakan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Pemanfaatan teknologi pertanian mampu mendorong produktivitas dan efisiensi dalam mengelola lahan pertanian sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Untuk itulah, sangat penting Lembaga DPRD Buleleng melakukan koordinasi dan memfasilitasi program-program bagi petani baik dari Pemerintah Kabupaten Buleleng maupun dari Pemerintah Pusat.

Dari program tersebut, petani dapat memperoleh bantuan baik berupa Alat dan mesin pertanian, bibit, maupun subsidi pupuk. Karena itupula, Supriatna meminta kepada para petani anggota subak terkait agar tetap pro aktif dalam mengajukan program-program.

- Advertisement -

Sementara, anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Dewa Gede Sugiharto menyampaikan alat dan mesin pertanian inisangat dibutuhkan oleh petani. Selain dapat meningkatkan hasil produksi menjadi lebih maksimal ini juga dapat menekan biaya produksi yang di harapkan dapat lebih meningkatkan pendapatan para petani sehingga kedepannya kehidupan para petani lebih sejahtera. 

Dia juga menekankan agar petani beralih menggunakan pupuk organik, sehingga pemuliaan tanah tetap terjaga dan hasil panen tetap maksimal.  

Dewa juga berharap petani bisa membentuk sebuah koperasi pertanian untuk mewadahi dan meningkatkan nilai dari hasil panen para petani.

Sebagai informasi, hadir dalam sosialisasi itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng I Gede Putra Adnyana, S.Sos., MAP., Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si, Camat Buleleng I Nyoman Riang Pustaka, S.IP, Penyuluh Pertanian, Perwakilan Kelihan Adat Desa Baktiseraga, Kelihan Subak Uma Panji, serta anggota subak Uma Panji.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts