Empat Sekolah di Buleleng Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

Singaraja, koranbuleleng.com | Empat sekolah di Buleleng mendapat Penghargaan Adiwiyata Nasional  tahun 2021.  Diantaranya,  SD N 1 Tajun, SDN 1 Banyuning, SMPN 3 Seririt, dan SMP N 2 Singaraja.

Penghargaan ini diberikan khusus kepada sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika mengatakan, penghargaan terhadap empat sekolah tersebut telah sesuai dengan SK Menteri LHK Nomor : 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tentang penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021.

Kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata terdiri dari 4 aspek antara lainnya Aspek kebijakan sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup, aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup, aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

“Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan, jadi kita akan lakukan pembinaan dulu sebelum dinilai. Kita telah siapkan sekolah-sekolah di setiap kecamatan untuk ini. Jadi kami bersyukur di tahun ini, ada empat sekolah yang diberikan penghargaan Adiwiyata“ ungkap Astika, Jumat 24 Desember 2021

Dengan penghargaan yang diberikan, sekolah diharapkan kedepannya bisa mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung proses pembelajaran di lingkungan sekolah.

- Advertisement -

Perlu diketahui, sejak dari tahun 2014 sampai tahun 2021, sudah sebanyak 65 Sekolah yang ada di Buleleng telah  memperoleh penghargaan Adiwiyata baik dari Adiwiyata mandiri, Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts