34.143 Anak di Buleleng Sudah Vaksin COVID-19

Singaraja, koranbuleleng.com | Vaksinasi COVID-19 dosis pertama yang menyasar anak usia 6 hingga 11 tahun di kabupaten Buleleng telah mencapai 34.143 anak. Vaksinasi anak ini telah di mulai tanggal 16 Desember  2021 .

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas COVID-19 Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, target vaksinasi yang menyasar anak di Buleleng sebanyak 74.130 dan diharapkan selesai pada akhir bulan Januari 2022 untuk dosis pertama.

- Advertisement -

Dengan vaksin ini diharapkan dapat membentuk herd immunity agar tidak mudah terpapar COVID-19. Untuk itu, pihaknya berharap kepada orang tua untuk mengijinkan anaknya untuk vaksinasi.

Sementara jika usai menerima vaksin ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) terhadap anak, orang tua diharapkan tidak panik.  Gejala yang timbul karena indikasi KIPI diantaranya, nyeri pada lengan tempat suntikan, badan agak panas, sakit kepala dan mirip gejala flu dan menggigil.

Vaksin yang digunakan jenis sinovac telah melalui kajian medis sebelum disuntikkan untuk anak-anak.   KIPI yang ditimbulkan dari vaksin ini tergolong ringan

“Secepatnya  melakukan penanganan dini. Seperti mengkompres bagian lengan yang disuntik, menyuruh anak istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak bahkan minum obat penurun panas jika memang diperlukan”katanya

- Advertisement -

Sementara itu, perkembangan penanganan COVID-19 di Kabupaten per tanggal 26 Desember 2021,tidak ada penambahan kasus konfirmasi baru, sembuh dan meninggal.

Secara kumulatif jumlah kasus konfirmasi kumulatif di Buleleng sebanyak 10.462 orang dengan rincian sembuh 9.920 orang, meninggal 539 orang dan sedang dalam perawatan sebanyak 3 orang. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts