Buleleng Terima 1.700 Dosis PMK

Singaraja, koranbuleleng.com|Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng mendapatkan bantuan sebanyak 1.700 dosis vaksin untuk penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari pemerintah pusat. Namun bantuan ribuan dosis vaksin tersebut, belum mencukupi untuk memvaksin seluruh populasi hewan ternak di Buleleng.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pertanian Buleleng I Made Sumiarta mengatakan, vaksinasi tahap awal ini akan menyasar dua desa, yakni Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt dan Desa Pejarakan,Kecamatan Gerokgak. Kedua desa tersebut diprioritaskan, karena sebelumnya ditemukan sapi yang terjangkit PMK.

Sumiarta menyebut, untuk melakukan vaksinasi PMK tersebut, akan mengerahkan 10 tim yang diisi empat orang di setiap timnya. Sasaran vaksin adalah hewan ternak yang masih dalam kondisi sehat.

“Target vaksinasi 7 hari paling lama 14 hari. Kita juga melakukan sterilisasi kandang. Sesuai SOP PMK petugas menggunakan APD. Semua kandang di lokasi di lockdown. Tidak boleh keluar masuk. Setelah memvaksin petugas pun harus disemprot disinfektan,” ujar Sumiarta, Rabu, 6 Juli 2022.

Kata Sumiarta, di dua wilayah Kecamatan Seririt dan Kecamatan Gerokgak ada sebanyak 28 ribu lebih ekor sapi. Pemerintah Kabupaten Buleleng akan mengajukan kembali penambahan vaksin ke pemerintah pusat.

- Advertisement -

“Target vaksin masih kurang. Daerah berkasus populasi sapi di daerah kasus ada 28 ribu ekor. Nanti akan kami minta lagi ke pusat,” katanya.

Sementara itu, pasar hewan di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, yang biasanya digunakan sentral penjualan sapi Bali oleh peternak Buleleng saat ini dilakukan penutupan total.

Kepala Desa Pancasari I Wayan Komiarsa mengatakan, penutupan pasar dilakukan untuk mengantisipasi PMK. Penutupan sudah dilakukan sejak 5 Juli 2022 kemarin.

Di pasar tersebut biasanya beroperasi pada hari Selasa dan Sabtu. Peternak dari yang menjual sapi di pasar tersebut merupakan peternak dari Desa Pancasari, Wanagiri, Lemukih, Pegayaman, Gitgit, dan Desa Munduk.

“Belum tau ditutup sampai kapan. Pasar digunakan sebagai persiapan pengiriman ke Jawa. Di pasar sudah ada pengepulnya, jadi tidak terlalu ramai. Hanya digunakan sebagai tempat penimbangan dan persiapan pengiriman,” kata dia.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts