Jadi Duta Bali, TP. PKK Gesing Dinilai Tim Penilai Pusat

Singaraja | Tim Penggerak PKK Desa Gesing, Kecamatan Banjar yang menjadi duta Propinsi Bali dalam penilaian lomba TP.PKK Nasional dinilai langsung oleh tim penilai dari Pemerintah Pusat, Jumat (15/4).

Sebelumnya Tim Penggerak PKK Desa Gesing, Kecamatan Banjar menjadi yang terbaik pada Lomba PKK-KB-Kes kategori Pelaksana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga di tingkat provinsi. Setelah menjadi yang terbaik di tingkat provinsi, TP PKK Desa Gesing menjadi duta Provinsi Bali ke tingkat nasional.

- Advertisement -

Rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Ketua Pokja IV TP PKK Pusat, Laksmi Widiastuti langsung menyambangi Wantilan Kantor Kepala Desa Gesing. Disana ia bersama rombongan yang didampingi langsung oleh pimpinan TP PKK Kabupaten Buleleng maupun perwakilan TP PKK Provinsi Bali melihat hasil kerajinan dan olahan tanaman obat keluarga yang dihasilkan di Desa Gesing. Pihaknya mengaku puas dan menilai baik apa yang dihasilkan di Desa Gesing ini.

Laksmi Widiastuti mengatakan tim yang ditugaskan untuk menilai ini, tugasnya dibagi-bagi ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Laksmi mengakui, TP PKK Desa Gesing dengan PHBS nya termasuk baik seperti yang sudah dilihatnya di Provinsi Riau. “Saya baru ditugaskan sekali di Provinsi Riau. Saya nilai Desa Gesing ini termasuk sangat bagus,” ungkapnya. Pihaknya juga menambahkan, PKK itu utamanya adalah membina unit terkecil yaitu keluarga. Jika dalam keluarga sudah berperilaku hidup yang bersih dan sehat, maka selanjutnya tidak akan ada masalah mengenai kesehatan para warga di Desa Gesing ini.

Sementara itu, Ny. Aries Suradnyana mengungkapkan Desa Gesing ini merupakan yang terbaik di tingkat provinsi sebagai pelaksana PHBS. Pihaknya berharap Desa Gesing ini dapat menyamai prestasi Desa Bongancina, Kecamatan Busungbiu yang telah meraih juara di tingkat nasional. “Ya kami harapkan Desa Gesing ini dapat menyamai prestasi Desa Bongancina. Namun, tujuan akhirnya bukan hanya sebagai juara melainkan keberlanjutan perilaku yang bersih dan sehat di kalangan keluarga,” kata Ny. Aries Suradnyana.

Ny. Aries Suradnyana menambahkan, sebelum penilaian ini, TP PKK Kabupaten terus melakukan pembinaan-pembinaan kepada Desa Gesing. Pembinaan ini juga melibatkan TP PKK Kecamatan Banjar serta seluruh aparat Desa Gesing. Selain itu, Ketua TP PKK Desa Gesing juga sangat aktif. “Beruntung saya mempunyai Ketua TP PKK Desa Gesing yang sangat aktif. Di samping itu, masyarakat Desa Gesing  juga sangat antusias,” tandasnya.

- Advertisement -

Hadir dalam penilaian tersebut, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, SH, Perwakilan TP PKK Provinsi Bali, Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, para asisten dan kepala SKPD lingkup Pemkab Buleleng serta para camat. |ADV – Humas Buleleng|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts