Rumah Asli Desa Pedawa Masih Dipertahankan

Singaraja | Sebuah rumah tua khas Desa Pedawa ada yang masih bertahan sampai saat ini. Rumah tua ini berlokasi di Banjar Insakan yang kini diwarisi oleh Ni Made Karti. Semua yang ada di rumah ini masih seperti bentuk asli seperti bentuk awalnya. Rumah khas PEdawa ini kini sudah sangat jarang ditemui, bahkan nyaris punah.

Dinding rumah bagian bawah masih dari batu paras dan diatasnya berdinding dari anyaman bamboo atau Bedeg, sementara atap rumah dari ilalang serta lantai terbuat dari tanah. Tidk ada keterangan pasti mengenai umur dari rumah ini, namun dipekrirakan sudah lebih dari seratus lima puluh tahun.

Tata ruangan rumah tua Khas Desa Pedawa |Foto : Nova Putra|
Tata ruangan rumah tua Khas Desa Pedawa |Foto : Nova Putra|
- Advertisement -

Dari sisi penataan ruangan, di dalam rumah ini juga masih seperti awalnya. Di sisi kanan pada ruangan uatama ada Pulu (tempat penyimpenan beras)  dan dibawahnya ada Bale tempat sembahyang,  Sementara di sisi kiri ada tempat memasak baik untuk memasak gula aren maupun untuk memasak keperluan makanan sehari-hari atau disebut pawon tuak dan pawon jakan.

Lalu tempat tidur sehari-hari berada di ruangan kedua. Dan yang paling luar adalah teras yang langsung difungsikan sebagai tempat untuk mengobrol dengan para tamu yang datang ke rumah.

Rumah tua ini kini diwarisi oleh Made Karti bersama seorang anak perempuannya. Suami Made Karti sudah meninggal sejak lama. Kini rumah ini digunakan sebagai upaya pelestarian rumah tua khas Desa Pedawa.

Menurut Karti, dalam upayanya untuk melestarikan juga sering diberikan dana pelestarian oleh sebuah perusahaan hotel yang berada di Desa Munduk. Manajemen hotel tersebut sering membawa wisatawan asing ke rumah tua ini.

- Advertisement -

“Saya hanya mewarisi dari keluarga suami. Saya punya tanggungjawab untuk ikut melestarikan saja. Memang kadang ada tamu yang dibawa oleh manajemen hotel dari Desa Munduk. Kami juga dibrikan dana untuk menata rumah tua kami ini,” ujar Karti saat ditemui di rumahnya, Kamis (28/4).

Penataanya pun sudah cukup bagus sehingga wisatawan yang berkunjung juga cukup betah walaupun ukurannya tidak begitu besar. Rumah ini juga dibangun membelakangi jalan raya tempat lalu lalang warga.

Keberadaan dan keaslian dari rumah tua khas Desa Pedawa ini sangat penting. Ini akan membantu memberikan edukasi sejarah masa lalu bagi generasi-generasi selanjutnya.

Karena kini, rumah tua yang asli seperti ini sudah sangat jarang ditemui di Desa Pedawa. Warga sudah membangun rumah dengan gaya masa kini, namun sejumlah warga dea setempat masih menata ruangan-ruangan di dalam rumah dengan mengadopsi rumah tua sesuai adat dan tradisi warisan leluhurnya. |NP|

 

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts