Buleleng Raih BKN Award

Singaraja | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Setelah beberapa prestasi yang telah diraih sebelumnya diberbagai bidang, kali ini Buleleng meraih prestasi dibidang penataan birokrasi dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penghargaan yang bertajuk BKN Award ini  diterima Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2016 yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI di Jakarta, Kamis (26/5) kemarin.

- Advertisement -

BKN Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh BKN RI kepada instansi yang berhasil dalam menyelenggarakan manajemen ASN secara kreatif, inovatif, akuntabel, konsisten, sesuai dengan kaidah, norma, standar dan prosedur yang berlaku. Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pengelola kepegawaian di instansi, mendorong kreatifitas dan inovasi, serta penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan manajemen ASN.

BKN Award ini terdiri dari delapan kategori yaitu Kepegawaian, Pelayanan Pengadaan dan Kepangkatan, Pelayanan Pensiun, Implementasi Computer Assisted Test (CAT) dalam Manajemen ASN, Implementasi Penilaian Kinerja, Implementasi Assessment Center, Pelaksanaan e-PUPNS, serta BKD Inovatif. Masing-masing kategori diisi oleh lima nominator yang sudah disaring oleh Tim BKN. Setelah itu, lima nominator tersebut akan memperebutkan juara I, juara II, Juara III, Harapan I dan Harapan II.

Pemkab Buleleng sendiri berhasil masuk nominasi di kategori Implementasi Assessment Center untuk Pemerintah Kabupaten/Kota bersama empat daerah lainnya yaitu Pemkab Muara Enim, Pemkab Penajam Paser Utara, Pemkab Kayong Utara dan Pemkab Maluku Tenggara. Pemkab Buleleng pun akhirnya meraih penghargaan ini dengan mengalahkan Pemkab Muara Enim di posisi kedua dan Pemkab Penajam Paser Utara di posisi ketiga.

Pemkab Buleleng berhasil meraih penghargaan ini karena menjadi yang pertama di Indonesia mengimplementasikan dan menggunakan assessment center di Kantor Regional BKN X Denpasar untuk menguji dan menilai para calon Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buleleng pada saat lelang jabatan pimpinan BPKAD beberapa waktu yang lalu. Selain itu, Pemkab Buleleng unggul dalam kuantitas kegiatan penilaian kompetensi dan konsistensi pemanfaatan hasil penilaian kompetensi sesuai dengan kriteria penilaian yang digunakan.

- Advertisement -

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST mengaku bangga dengan pencapaian ini. Bupati yang akrab disapa PAS ini mengungkapkan Pemkab Buleleng menginginkan ASN di Buleleng yang berkualitas dan berkompeten. Oleh karena itu, pihak Pemkab Buleleng terus membina dan juga melakukan inovasi di bidang penataan birokrasi.

“Ya seperti lelang jabatan pimpinan BPKAD ini. Kita Kabupaten pertama yang menggunakan assessment center BKN tersebut. Kita ingin dengan memanfaatkan assessment center tersebut, menghasilkan ASN ataupun pejabat yang kompeten dan memiliki integritas tinggi,” ungkap Bupati yang dikenal merakyat ini.  |ADV-Humas Buleleng|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts