Kembang Rampe Kolaborasi 11 Tarian Tradisional dan Kontemporer

Singaraja, koranbuleleng.com|  Kembang Rampe Pakem Denbukit merupakan karya seni kompilasi, yang menggabungkan 11 tari tradisi dan kesenian kontemporer. Karya seni tari garapan Sanggar Seni Shanti Budaya Singaraja dipentaskan juga dalam Pembukaan Buleleng Festival ke-4, Masterpiece of Buleleng.

Uniknya, 11 tarian tradisi yang juga dibalut dengan kesenian kontemporer ini dipentaskan dalam satu kompilasi, tanpa merubah pakem gerak tari maupun gamelan yang biasaya mengiringi tarian tersebut. 11 gerak tari yang dikompilasi itu yakni Tari Sweta Bangkaja, Legong Tombol, Legong Pengeleb, Tari Truna Jaya, Legong Kebyar, tari Nelayan, Wiranjaya, Palawakya, dan Wayang Wong serta Tari Baris.

- Advertisement -

Ketua Sanggar Seni Santhi Budaya Singaraja Gusti Bagus Eka Prasetya menjelaskan, kompilasi tarian ini merupakan sebuah karya yang dipersembahkan untuk Kabupaten Buleleng. Apalagi tarian yang ditampilkan tersebut, merupakan beberapa karya terbaik yang berhasil diciptakan Putra maupun Putri Buleleng.

“Sesuai dengan tema yang diusung dalam Bulfest kali ini yaitu Masterpiece Of Buleleng, yang artinya terbaik dari Buleleng. Nah, dalam Kembang Rampe Pake Denbukit ini, kita suguhkan beberapa karya karya terbaik yang diciptakan seniman-seniman Buleleng,” jelas Eka Prasetya yang akrab disapa Gus Eka.

Proses untuk penggarapan Kembang rampe ini hanya membutuhkan waktu selama satu minggu. Walaupun diakuinya ada beberapa kesulitan yang dihadapi selama proses latihan.

“Yang sulit disini karena kita juga menyertakan beberapa penari yang masih anak anak. Dan mereka juga pentas untuk pertama kalinya dalam event. Sehingga bagaimana kita bisa membuat mereka percaya diri dan tidak grogi diatas panggung,” terangnya.

- Advertisement -

Pementasan Kembang Rampe Pakem Denbukit dalam pembukaan Buleleng festival (Bulfest) yang melibatkan 61 orang penari dari Sanggar Seni Santhi Budaya tersebut mendapatkan antisias sambutan positif dari masyarakat, serta tamu undangan yang menyaksikan.|RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts