Buleleng Konsisten Gelar Gerak Jalan 45 Kilometer

Singaraja, koranbuleleng.com| Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra kembali digelar. Kabupaten Buleleng adalah satu-satunya kabupaten di Bali yang konsisten dan juga rutin menggelar lomba ini. Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra ini adalah sebagai bentuk implementasi pengamalan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dengan semangat dan jiwa 45. Dari lomba ini juga dapat ditanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda agar mampu meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan.

Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra tahun 2016 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71  diikuti oleh 41 regu. Masing-masing regu terdiri dari 17 orang. Para peserta dilepas di Lapangan Umum Desa Musi, Sabtu 13 Agustus 2016 malam kemarin.  Peserta dilepas langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Ditemui usai melepas para peserta, Bupati yang akrab disapa PAS ini mengungkapkan semangat para peserta dan panitia sudah merasakan semangat 45 bisa diimplementasikan lewat lomba gerak jalan 45 KM ini. Pemerintah daerah terus mengupayakan dorongan dan rangsangan kepada para peserta untuk bisa berprestasi lewat dana partisipasi dan hadiah yang cukup karena lomba gerak jalan ini tergolong berat mulai dari latihan berbulan-bulan sampai dengan kebutuhan pakaian. “Saya cukup terharu karena masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sungguh Luar biasa semangat para peserta untuk menghayati nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan,” ungkapnya.

Terkait jumlah peserta yang awalnya sedikit, Bupati murah senyum ini menjelaskan belum semua dilaporkan oleh panitia. Pada saat itu SKPD-SKPD lingkup Pemkab Buleleng belum mendaftar. NAmun setelah itu banyak SKPD yang mendaftar. Ada pula desa dan karang taruna yang mengikuti lomba gerak jalan ini. “Tahun ini peserta mencapai 41 regu. Meningkat dari tahun lalu yang jumlahnya 40 regu,” imbuh Bupati asal Desa Banyuatis ini.

Sementara itu, saat ditemui di garis finish gerak jalan 45 KM dewasa putra, Ketua Panitia Pelaksana, I Gusti Lanang Agung Parwata mengatakan pelaksanaan sudah berjalan dengan lancar. Masih ada satu kendala dihadapi dalam gelaran Lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra ini yaitu supporter yang sulit dikendalikan. Namun, dengan dibantu pihak kepolisian dan tentara, hal ini masih bisa dikendalikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Ke depan kita harus terus menggugah kesadaran masyarakat terutama penonton dan para supporter untuk berprilaku tertib,” ucapnya.

Mengenai jumlah peserta, tahun ini sudah mencapai target. Untuk meningkatkan jumlah peserta ke depannya, pihaknya akan mencoba membagi lomba gerak jalan 45 KM ini misalnya antar pelajar, antar karang taruna, antar desa atau antar kecamatan. “Hal tersebut yang akan kita kaji untuk penyelenggaraan selanjutnya,” tutup pengurus KONI Kabupaten Buleleng yang juga Dosen Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha ini. |Rilis Humas Buleleng|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts