LT III Pramuka Penggalang, Asah Kemampuan Individu dan Regu

Singaraja, koranbuleleng.com| Mengasah kemampuan individu dan regu serta sebagai ajang evaluasi pembinaan pramuka di tingkat penggalang, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng mengelar Lomba Tingkat III disingkat LT III dengan melibatkan 14 Regu Penggalang Putra dan Putri.

Kegiatan ini melibatkan sebanyak 112 anggota Pramuka Penggalang dari masing-masing Kwartir Ranting, Kwarcab Buleleng mengelar ajang perlombaan dalam bentuk perkemahan yang dikemas dalam Lomba Tingkat (LT) III yang digelar selama tiga hari di Bumi Perkemahan Pramuka Desa Patas Kecamatan Gerokgak.

- Advertisement -

“Kegiatan lomba tingkat III ini adalah kelanjutan dari Lomba Tingkat II yang digelar di masing-masing ranting sebelumnya dan kegiatan ini merupakan sebuah evaluasi pembinaan di pramuka penggalang dan juga menilai prestasi apa yang telah dilakukan di masing-masing gugus depan, ini adalah ajang lomba,” ungkap Ketua Harian Kwarcab Buleleng Made Tingkat, Jumat (30/9/2016) usai membuka kegiatan LT III di Bumi Perkemahan Patas Gerokgak.

Menurut Ketua Harian Kwarcab Buleleng, Lomba Tingkat Pramuka Penggalang dilakukan secara berjenjang yang diawali dari Lomba Tingkat I di Gugus depan, kemudian di Kwartir Ranting dan LT III di tingkat Cabang hingga kemudian ke tingkat IV Provinsi dan LT V di tingkat Nasional.

“Kegiatan lomba tingkat ini juga sebagai seleksi ke tingkat selanjutnya, dimana dari regu-regu yang ikut dalam kegiatan ini mewakili masing-masing kwartir ranting akan dipilih satu regu putra dan satu regu putrid sebagai wakil Buleleng ke tingkat daerah Bali,” papar Tingkat.

Dalam LT III sebagai ajang seleksi dalam kegiatan serupa ke LT IV di Provinsi melombakan sejumlah materi yang dibagi dalam empat kelompok besar diantaranya, agama, mental spiritual dan pembentukan watak, selain itu juga ketangkasan, olahraga dan patriotisme termasuk kesehatan dan keterampilan serta seni dan budaya.

- Advertisement -

Sementara, dalam pembukaan kegiatan LT III yang ditandai penancapan kapak kegiatan, Ketua Kwartir Cabang Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP dalam sambutan yang dibacakan Ketua Harian Made Tingkat berharap dalam lomba yang dilaksanakan pada alam terbuka dengan perkemahana itu tidak semata-mata merebut juara dan berprestasi, namun hal mendasar yang harus dutanamkan jiwa terbuka, sportifitas dalam berkompetisi, cerdas dalam meraih prestasi.

Kegiatan Lomba Tingkat III direncanakan akan berlangsung selama tiga hari hingga hari minggu mendatang dan pemenang dalam ajang LT III tersebut selanjutnya akan ditetapkan sebagai Duta Kwarcab Buleleng dalam Lomba Tingkat IV Daerah Bali dan berkompetisi dengan Kabupaten dan Kota di Bali untuk meraih tiket ke tingkat Nasional pada Lomba Tingkat V. |Humas Pramuka|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts