BKK Harus Digunakan Sesuai dengan Skala Prioritas

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemkab Buleleng mengadakan Sosialisasi Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Desa untuk Desa Pakraman, Subak dan Subak Abian di Kabupaten Buleleng yang diselengarakan di Gedung Laksmi Graha, Selasa 4 Oktober 2015. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait dengan penggunaan anggaran.

Dalam Sosialisasi ini Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP yang mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST menyampaikan manfaat BKK ini dari dulu sudah dirasakan. Sehingga untuk melakukan pengelolaan ini harus dilaksanakan sosialisasi lebih lanjut agar nantinya dalam pelaksanaanya tidak ada hal yang salah dan yang paling penting BKK itu bisa diperuntukan sesuai dengan sekala prioritas perkembangan di desa.

- Advertisement -

Dalam sambutan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST yang dibacakan oleh Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP menjelaskan RPJM Desa dan RKP Desa merupakan dasar untuk menyusun APBDes. Selanjutnya, dalam sambutan tersebut dikatakan bahwa Seluruh Pendapatan Desa dan penggunaanya ditetapkan dalam APBDes.

Ditemui usai membuka sosialisasi, Puspaka mengatakan dampak dari penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) harus bisa dirasakan juga oleh pemerintah tingkat bawah sehingga bisa mengelola keuangannya sebaik mungkin.

“Kita berikan pemahaman kepada desa, desa pakraman karena kita ingin dari regulasi yang ada tetap menimbulkan harmonisasi Kepala Desa dan desa pakraman jangan sampai ada salah persepsi dalam pengelolaan keuangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Buleleng I Gede Sandhiyasa,S.Sos.,M.Si mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi terhadap tata cara pelaksanaan BKK ini dari proses perencanaan, pengamprahan, pencairan dan pertanggungjawaban.

- Advertisement -

“Sosialisasi ini juga untuk menambah wawasan tentang pengelolaan keuangan di desa dan mendorong pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan” jelasnya.

Sosialisasi BKK ini dihadiri juga oleh Asisten tiga Setda Buleleng Drs. I Ketut Asta Semadi,MM., beberapa Pimpinan SKPD terkait, Camat Sekabupaten Buleleng, Majelis Madya, Majelis Alit dan Desa Pakraman Sekabupaten Buleleng. Sehingga jumlah peserta keseluruhan mencapai kurang lebih 200 orang. |Rilis Humas Buleleng|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts