Monumen Plagan Gintungan Jadi Aset Daerah

Singaraja, koranbuleleng.com| Upaya pelestarian nilai sejarah dari Monumen Perjuangan Ayodya Pura atau popular disebut Monumen Plagan Gintungan sebagai warisan perjuangan mendapatkan respon positif dari salah satu keluarga pejuang kebanggaan Buleleng Alm Mayor Metra.

Secara tulus keluarga menyerahkanaset berupa tanah dan bangunan Monumen Plagan Gintungan sebagai titik perjuangan fisik di Dusun Gintungan, Desa Selat, Kecamatan Sukasada untuk menjadi aset Pemerintah Kabupaten Buleleng. Kegiatan tersebut dikemas dalam acara simbolis penandatanganan berita acara dan penyerahan sertifikat yang diserahkan langsung oleh kuasa keluarga Alm. Mayor Metra, Nyoman Haris kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP di ruang kerja Sekretaris Daerah Kab. Buleleng, Kamis 6 Oktober 2016.

- Advertisement -

Niat baik keluarga Alm Mayor Metra ini pun disambut baik Pemerintah Kabupaten Buleleng. Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka MP, menyatakan upaya ini sejalan dengan komitmen Pemkab Buleleng dalam pelestarian nilai sejarah, terbukti beberapa warisan perjuangan yang memiliki nilai historis terhadap sejarah kemerdekaan di Kabupaten Buleleng mendapatkan apresiasi seperti halnya pembangunan Monumen perjuangan Jagaraga yang saat ini masih dalam proses pengerjaan pembangunan

“Kita tentu menyambut baik upaya dari pihak keluarga tentunya sejalan dengan semangat Pemkab Buleleng dalam melestarikan nilai perjuangan, nantinya kita akan jaga dan rawat betul nilai-nilai sejarah ini” ujar Puspaka yang juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Panca Marga Kabupaten Buleleng ini.

Dalam kesempatan yang sama, menurut Made Ngurah Wedana selaku perwakilan dari keluarga Pejuang Mayor Metra menyatakan dengan dikelola oleh Pemkab pihaknya bersama keluarga berharap pengelolaan monumen bersejarah ini bisa dilestarikan oleh Pemkab Buleleng baik segi perawatannya dan peringatan hari 5 Mei sebagai wafatnya Alm. Mayor Metra

“Besar harapan kami, dengan diserahkannya aset tanah dan bangunan monumen dapat dilestarikan oleh Pemkab Buleleng sebagai salah satu warisan perjuangan” ujarnya.

- Advertisement -

Harapan lainnya juga disampaikan salah satu keluarga Alm Mayor Metra, Nyoman Ngurah Suharta pihaknya menyatakan dengan menjadi aset Pemkab Buleleng dapat dibantu untuk diperjuangkan menjadi menyandang Pahlawan Nasional.

“Dari nama Mayor Metra sudah digunakan sebagai nama jalan, patung dan lapangan di Kabupaten Buleleng, jadi mohon kiranya perhatian pemerintah untuk mengusulkan Almarhum Mayor Metra sebagai pahlawan nasional” harapnya. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts