More

    Dinas Kebudayaan Rutin Pentaskan Seni Topeng dan Barong

    Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng meganedakan pementasan tarian topeng dan Barong digelar setiap hari di di Gedung Sasana Budaya Singaraja, dimulai sejak Jumat 18 Januari 2019 nanti.

    Kepala Dinas Kebudayaan, Gede Komang mengatakan pementasan rutin tarian Topeng dan Barong ini juga menjadi bagian dari atraksi wisata untuk mendukung pengembangan pariwisata budaya di Kabupaten Buleleng. Beberapa materi tarian seperti Tari Jauk Keras, Tari Topeng Tua, Tari Sisia dan Tari Barong Ket.

     “Jadi ini untuk tontonan para wisatawan yang datang ke Buleleng, dan untuk bulan Januari dan Februari ini masih gratis sebagai upaya promosi.” ungkap Gede Komang saat ditemui di ruang kerjanya.

    Gede Komang mengklaim bahwa agenda ini sejalan dengan kebijakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana untuk kemajuan seni dan budayadan menambah daya dukung pariwisata di Buleleng.

    Pementasan rutin ini akan dilakukan oleh pimpinan dan staf Dinas Kebudayaan. “Seni yang akan digelar diutamakan pagelaran topeng dan barong saja, tetapi kami juga akan melihat selera wisatawan nantinya, jika memungkinkan akan digelar tari-tarian yang lainnya juga,” jelasnya.

    Gede Komang menambahkan, pagelaran rutin seni topeng dan barong ini juga sebagai upaya untuk menjadikan Gedung Sasana Budaya sebagai salah satu destinasi wisata kota.  Sehingga wisatawan yang berkunjung ke kota Singaraja bisa menikmati pertunjukan seni sambil berwisata kota dan sejarah Singaraja.

    “Jadi wisatawan ataupun agen travel tidak perlu lagi sibuk mencari informasi, tetapi ini sudah terjadwalpasti setiap minggu di hari Jumat. Mereka datang dan menonton,” tambah Gede Komang.

    Gede Komang menyatakan bahwa pagelaran rutin ini tidak menggunakan anggaran daerah. Namun rencananya akan akan membuka menggunakan donasi-donasi yang tidak diwajibkan atau mengikat dari wisatawan untuk menutup biaya operasional.  Tetapi wisatawan yang datang nantinya tidak wajib bayar, melainkan dengan donasi secara sukarela.

    “Kami tidak menganggarkan kegiatan ini, karena pemeran seni juga dilakukan oleh staf kami dan di ruang yang kami sediakan sendiri,” pungkasnya.|NP|

    Berita Terpopuler

    Operasi Yustisi Penegakan Hukum Prokes Masuk Desa

    Apel Penegakan hukum Protokol Kesehatan di Mapolres Buleleng |FOTO : Istimewa| Singaraja, koranbuleleng.com | Tim operasi yustisi penegakan...

    Karantina Pasien Asimtomatik Terpusat Tunggu Surat Resmi Pemerintah Pusat

    Sekda Buleleng, Gede Suyasa |FOTO : arsip koranbuleleng.com| Singaraja, koranbuleleng.com| Pemerintah Pusat merencanakan untuk pelaksanaan karatina secara terpusat...

    MDA Bali Makin Kuat dengan Pengukuhan Tiga Lembaga Adat

    Denpasar, koranbuleleng.com | Tiga lembaga Desa Adat di Majelis Desa Adat (MDA Provinsi Bali), Pasikian Paiketan Krama Istri Desa Adat di Bali...

    Warga Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Rayakan Galungan

    Upacara Guru piduka yang digelar Desa Adat Buleleng karena meniadakan upacara pujawali dampak dari pandemi COVID 19 |FOTO : RIKA MAHARDIKA|

    Related articles