Empat Pejabat Hasil Lelang Dilantik

Singaraja, koranbuleleng.com| Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana melantik empat pejabat eselon II yang sebelumnya telah mengikuti Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Mereka yang dilantik adalah yang berhasil mendapatkan peringkat pertama berdasarkan hasil lelang tersebut.

Pelantikan itu berlangsung di Loby Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng Rabu, 17 Juli 2019. Mereka yang dilantik masing-masing  I Made Sumiarta sebagai Kepala Dinas Pertanian, Komang Sumertajaya sebagai Kepala Badan Kesbang Pol, Nyoman Agus Jaya Sumpena sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, dan Dewa Made Sudiarta sebagai Kepala Dinas Koprasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

- Advertisement -

Selain empat Pejabat Eselon II, Bupati Agus Suradnyana juga melantik Pejabat eselon III sebanyak 21 orang, dan Pejabat eselon IV sebanyak 107 orang.

Bupati Buleleng dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra menjelaskan, pengisian jabatan untuk eselon II sudah melalui seleksi yang ketat. Menurutnya, ini adalah upaya untuk menjawab tantangan pembangunan Kabupaten Buleleng dengan baik.

“Pengisian jabatan murni dilakukan penilaian secara menyeluruh baik itu kinerjanya, kemudian penilaian-penilaian yang lain seperti prestasinya, dedikasinya, loyalitasnya,” tegasnya.

Disisi lain, setelah terisinya empat jabatan untuk eselon II, kini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng kembali akan berproses untuk melaksanakan Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

- Advertisement -

Pasalnya, hingga akhir tahun 2019 nanti, masih aka nada empat nama yang menduduki Jabatan Eselon II di Lingkup Pemkab Buleleng yang akan pensiun. Mereka masing-masing kepala Dinas Ketahanan Pangan Nyoman Surya Temaja, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ketut Suparta WIjaya, Kepala Dinas Perikanan Made Arnika, dan Sekretaris DPRD Buleleng Dewa Ketut Manuaba.

Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng Gede Wisnawa tak menampik jika hingga akhir tahun 2019 nanti, aka nada empat Pejabat Eselon II yang pensiun. Dijelaskan, sesuai dengan petunjuk dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Pemerintah Daerah bisa melaksanakan lelang jabatan sebelum orang yang bertugas dalam jabatan dimaksud pensiun.

“Tujuannya agar begitu pensiun nanti, tidak ada lagi kekosongan jabatan, atau dijabat Plt. Karena proses lelang ini kan waktunya lama. Kalau lelang sudah mendahului, ketika nanti pejabatnya pensiun, bisa langsung dilantik,” terangnya.

Walaupun demikian, Wisnawa belum berani memastikan apakah akan melakukan lelang jabatan untuk empat jabatan itu secara bersamaan. Karena keempatnya akan pensiun ada bulan yang berbeda. Selain itu, pihaknya juga harus melakukan pembahasan lebih lanjut dengan Tim Panitia Seleksi (Pansel) Kabupaten Buleleng, termask menunggu kebijakan Bupati.

“Artinya begini, bisa saja nanti dari empat itu kan Bupati melakukan pergeseran pejabat, otomatis jabatan yang kosong nanti kan beda. Makanya kita tunggu dulu seperti apa nanti kebijakan Bapak Bupati,” ujar Mantan Sekretaris DPRD Buleleng ini. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts