3 Mahasiswa Undiksha Berjaya di Kompetisi Business Plane UI

Singaraja, koranbuleleng.com | Tiga orang mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha menorehkan prestasi gemilang, menyabet juara dalam kompetsi Business Plane di Universitas Indonesia. Prestasi ini dicatatkan oleh Putu Justika Nirmala A.P dari Program studi Akuakultur dan Kadek Dwiki Juliantara dari Prodi Pendidikan Matematika serta Kadek Agus Toni Mahendra dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Ajang Kompetisi ini diikuti  85 tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari hasil seleksi, sebelumnya Undiksha masuk finalis 10 besar hingga ketiganya berada dalam satu tim berhasil meraih juara.

- Advertisement -

Justika Nirmala menjelaskan mengangkat tema tentang rehidrasi anggur laut yang banyak dibudidayakan di wilayah Buleleng Barat, tepatnya di Kecamatan Gerokgak. Dengan sentuhan teknologi rehidrasi, anggur laut yang memiliki pangsa pasar menjanjikan ini bisa bertahan selama enam bulan di dalam lemari es.

“Kalau tanpa rehidrasi, hanya bertahan satu minggu. Itupun tidak bisa ditaruh dalam kulkas,” ujarnya.

Lebih lanjut Justika Nirmala mengatakan untuk mencapai hasil ini, mereka mengawali dengan praktikum  yang cukup lama. 

“Kebetulan ini sesuai bidang prodi saya. Sebelumnya sudah sering praktikum,” imbuhnya. 

- Advertisement -

Sementara itu Wakil Rektor, I Wayan Suastra memberikan  apresiasi terhadap prestasi ini, sekaligus untuk inovasi yang dilahirkan dalam rangka menjawab tantangan budidaya anggur laut.

“Hal seperti ini kami harapkan semakin banyak muncul, sebuah inovasi yang memberi dampak positif untuk masyarakat,” ucapnya.

I Wayan Suastra menambahkan masih banyak persoalan yang belum terpecahkan di masyarakat. Hal itu bisa dijadikan objek kajian, termasuk bisa diusulkan dalam program kreativitas mahasiswa. 

“Kita tidak harus berpikir bagaimana membuat robot. Tetapi bisa dengan melihat potensi di lingkungan sendiri, seperti pertanian, kelautan dan lainnya. Saya ingin hal itu bisa dijadikan untuk ikut dalam PKM,” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts