Bambu Tabah Kelilingi Danau Buyan

Singaraja, koranbuleleng.com | Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG menanam bamboo tabah di wilayah Danau Buyan. Penanaman 1000 bambu tabahini menjadi agenda lingkungan dalam peringatan HUT ke-45 Ikayana (ikatan Alumni Universitas Udayana) bersama sejumlah komponen masyarakat dan pecinta lingkungan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Minggu 2 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG mengajak Perbekel serta warga masyarakat desa Pancasari kecamatan Sukasada untuk bersama sama menjaga kelestarian hutan yang ada di kawasan danau Buyan. Sehingga memberikan dampak penghijauan bagi lingkungan dan dampak ekonomi bagi warga sekita.

- Advertisement -

Sutjidra mengatakan, “Saya hadir bukan karena saya dari ikatan alumni dari Udayana tapi ini demi kepentingan Buleleng, dan danau Buyan ini adalah daerah konservasi.”

Penanaman 1000 bibit pohon bambu tabah ini  diharapkan bisa menggugah masyarakat setempat agar senantiasa memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.  

Menurutnya pohon bambu Tabah mempunyai manfaat meningkatkan resapan air serta mengurangi pendangkalan air yang terjadi di danau Buyan.  “Selain fungsinya sebagai resapan air, serta menangkal longsor, bambu Tabah juga memiliki nilai ekonomi bagi warga setempat contohnya bermanfaat sebagai sayuran Rebung,” pungkas Wabup Sutjidra.

Sementara itu Ketua Ikatan Alumni Universitas Udayana ( Ikayana ), Prof. Suparta Utama menjelaskan, dalam kegiatan penanaman 1000 bibit pohon bambu Tabah dalam rangka HUT Ikayana ke 45.

- Advertisement -

Dalam peringatan HUT ke-45 Ikayana melaksanakan berbagai kegiatan sosial seperti penghijauan serta sosialisasi tentang kesehatan dan pola hidup sehat. Selain dilakukanya penghijauan di kawasan danau Buyan juga dilaksanakan pelepasan benih ikan dirinya mengaku danau Buyan merupakan kawasan wisata yang patut dilestarikan.

”Kami pilih danau Buyan untuk kegiatan pelestarian lingkungan karena danau Buyan adalah danau yang sangat bagus sekali apalagi dipesisirnya dimanfaatkan kegiatan wisata, nah untuk konservasi kami pilih tanam bibit bambu Tabah dan semoga bermanfaat bagi lingkungan,” jelasnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts