Pamer Bonsai, Pamer Keindahan Miniatur Pohon Besar

Singaraja, koranbuleleng.com | Bonsai identik dengan keindahan. Untuk mencapai leinfahan itu, proses ya butuh kesabaran yang lama dan kreatifitas tiada henti untuk membentuk tanaman hias ini terlihat sangt indah dan unik. Maka, tak heran, sebuah tanaman bonsai bisa berharga ratusan juta.

Dalam kontes dan pameran bonsai memperingati HUT Kota Singaraja ke-416, ada beberapa bonsai dipamerkan dengan harga fantastis. Dalam paneran ini, sejumlah pecinta bonsai dari Madura, Jogyakarta, dan Surabaya juga ikut pamer keindahan bonsai. Pameran ini akan berlangsung 6 – 13 Maret 2020 di area Gedung Kesenian Gede Manik, Singaraja. Pameran ini digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Buleleng.

- Advertisement -

Ketua Panitia, Made Sweca mengungkapkan, ada 3 kategori dalam pameran ini yakni kelas prospek, madya dan utama. 

”Kalau kelas prospek itu artinya peserta menunjukkan bonsai bakalan, belum jadi kalau madya itu sampai jadi bonsai yang bagus, sementara untuk utama satu pohon umurnya bisa 30-40 tahun,” terang Sweca.

Jumlah bonsai yang dipamerkan sekitar 350 bonsai, yang terdiri dari kurang lebih 65 jenis tanaman.

“Ada beberapa bonsai yang sudah masuk dikelas utama harganya setara mobil fortuner, kisaran Rp300 juta sampai Rp 400 juta satu pohon,” imbuhnya

- Advertisement -

Sementara itu, salah satu peserta yang juga kolektor Bonsai  Made Sukapta mengatakan bahwa dirinya sudah mencintai bonsai sejak 20 tahun lalu.  Koleksi yang dimiliki pun hingga berjunlah ratusan bonsai. 

“Kalau saya sudah lama hobi, tapi kesulitan juga kalau mengurus sampai ratusan, harus ada yang membantu” ujarnya

Pria yang kerap di sapa Bimbo ini menambahkan bonsai itu ibaratsebuah miniatur sebuah pohon besar. Ada kepuasan tersendiri ketika merawat tanaman bonsai. . 

“Bonsai itu bisa dikatakan miniatur dari pohon besar yang ada di alam bebas, jadi kita tidak perlu keluar untuk melihat pohon besar, kita sudah bisa menikmati di rumah dengan miniaturnya,“ imbuhnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts