Jelang Nyepi, Pemkab Buleleng Pastikan Ketersediaan Kebutuhan Pokok Aman

Singaraja, koranbuleleng.com | Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menjamin pasokan dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Nyepi saka 1942 dalam kondisi aman. Bahkan hingga ketersediaan pangan dipastikan aman untuk hari raya Idul Fitri, Mei 2020.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan bahan pokok di pasaran. Stok untuk Masyarakat Buleleng cukup aman. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok. Berbelanja sewajarnya saja,” kata  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Buleleng Ni Made Rousmini, S.Sos.,MAP usai memimpin Rapat Koordinasi TPID Buleleng, Rabu 18 Maret 2020.

- Advertisement -

Untuk menjaga stabilitas bahan pokok dengan harga terkendali, beberapa langkah-langkah strategis dilakukan, diantaranya melakukan operasi pasar, pemantauan harga dan pemantauan ketersediaan bahan kebutuhan pokok.

“Kami akan melakukan langkah-langkah strategis guna menghindari kosongnya ketersediaan kebutuhan pokok di Buleleng,” ujar Rousmini.

Pada kesempatan itu, Rousmini juga berpesan kepada TPID Buleleng untuk terus melakukan operasi dan pemantauan terhadap distributor. Tujuannya agar tidak terjadi penimbunan bahan pokok yang akan berdampak pada tingginya harga di pasaran bahkan terjadi kelangkaan produk.

TPID juga diminta memantau pertanian dan peternakan agar stok beras, sayur mayur, daging, telor di Buleleng cukup dan stabil.  Inflasi juga akan dijaga agar tetap terjaga. “Kami juga berharap kepada OPD yang ada di Buleleng untuk berperan aktif dalam mengendalikan tingkat inflasi secara berkelanjutan,” katanya.

- Advertisement -

Kunci di inflasi itu adalah keseimbangan. Artinya, harga masih bisa terjangkau oleh masyarakat. Misalnya tidak naik terlalu tinggi dan juga tidak juga turun terlalu rendah atau terjadi deflasi. Jika turun terlalu rendah  maka yang akan merasakan juga adalah masyarakat kita atau produsen juga yang akan mengalami penurunan. 

 “Kita harus memastikan bahwa stok aman menghadapi Hari Raya Nyepi dan Idul Fitri yang akan datang. Begitu juga dengan distribusi kita harus aman juga dengan cara harus berkordinasi dengan pihak terkait,” pungkasnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts