Prof. Jampel : Memberikan Bantuan agar Bermanfaat dan Berguna

Rektor Undiskha, Prof. Dr. Nyoman Jampel, M.Pd  kepada warga kurang mampu terdampak COVID 19, lansia dan penyandang disabilitas di Desa Banyuseri, Kecamatan Banjar bertepatan dengan hari Lahir Pancasila. |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Sejumlah paket sembako diserahkan Rektor Undiskha, Prof. Dr. Nyoman Jampel, M.Pd  kepada warga kurang mampu, lansia dan penyandang disabilitas di Desa Banyuseri, Kecamatan Banjar, Senin 1 Juni 2020. Penyerahan bantuan ini bagian dari program Undiksha berbagi ditengah pandemi COVID 19 dan memperingati hari Lahir Pancasila.

- Advertisement -

Jampel menjelaskan pandemi COVID 19 memicu dampak pada masyarakat secara ekonomi. Banyak yang kehilangan pekerjaan maupun kehilangan sumber penghasilan sehingga Undiksha memutsukan untuk bergerak menyalurkan berbagai bantuan bagi warga.  

“Memang bantuan yang kita diberikan tidak seberapa. Bantuan berupa sembako. Tetapi ini upaya Undiksha untuk meringankan beban masyarakat,” jelas Jampel didampingi Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan dan Wakil Dekan..  

Dana pengadaan bantuan tersebut merupakan uluran tangan dari civitas akademika Undiksha. Sementara KODIM 1609/Buleleng digandeng pihak Undiksha. Jajaran terbawah dari KODIM 1609/Buleleng melkaukan pemetaan dan pendataan warga yang butuh bantuan sehingga bisa tepat sasaran.

“Yang kita berikan ke desa sudah sesuai kajian. Kita tidak hanya memberikan tanpa makna. Kita betul-betul ingin memberikan bantuan itu agar bermanfaat, agar berguna, sehingga kita harus berikan kepada yang tepat,” kata Jampel.

- Advertisement -

Sementara Perbekel Desa Banyuseri, Nyoman Sukadana mengapresiasi gerakan yang dilakukan Undiksha. “Dari awal kami sudah diberikan wastafel, dan sembako. Artinya kepedulian Undiksha sangat luar biasa. Kalau masalah dampak Covid, sangat berdampak pada warga, terlebih yang ekonominya menengah ke bawah,” ucapnya.

Selain di Desa Banyuseri, bantuan juga rencananya disalurkan untuk warga di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar maupun desa lainnya yang diawali dengan pendataan.

Sebelumya Gerakan Undiksha berbagi telah menyasar sejumlah warga yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng. Selain itu juga disumbangkan wastafel di sejumlah lokasi dan alat pelindung diri untuk tenaga medis.

Selain di tengah pandemi, Undiksha sebagai institusi akademik juga merancang program pasca COVID 19. Beberapa diantaranya berupa bimbingan belajar bagi guru dan siswa yang mengalami keterlambatan pembelajaran akibat belum terbiasa menggunakan online learning, memberikan bantuan untuk pembangunan mental psikologis untuk dan pendekatan sosial dalam upaya membangkitkan semangat bekerja. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts