Undiksha Terapkan Protokol Kesehatan untuk UTBK-SBMPTN

Simulasi penerapan protokol kesehatan UTBK-SBMPTN |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com |  Univeristas Oendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menggelar simulasi sebagai pelaksana teknis Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPT) tahun 2020, di Gedung Fakultas Tejnik dan Kejuruan,  Kamis 2 Juli 2020. 

- Advertisement -

Simulasi dilakukan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID 19. Gelombang pertama ujian tersebut akan berlangsung 5 – 9 Juli 2020.

Simulasi juga dihadiri anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan COVID 19 Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng, serta Tim Satgas COVID 19 Undiksha.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., MTI memaparkan jumlah peserta ujian di Undiksha untuk gelombang pertama mencapai 1.527 peserta. Pelaksanaan ujian akan terbagi menjadi dua sesi per hari, dengan lokasi berbeda yaitu di Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Ekonomi dan Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pada ujian ini, Undiksha akan menerapkan protokol pencegahan COVID 19, sejak dari kedatangan peserta ke lokasi ujian.  Sejumlah fasilitas umum sebagai syarat protokol kesehatan pencegahan COVID 19 seperti wastafel tempat cuci tangan dan hand-sanitizer sudah disipakan di area pelaksanaan tes. Termasuk, melakukan pengecekan suhu tubuh para peserta, melarang pengantar peserta tes berada di kampus, dan mewajibkan peserta tes untuk memakai masker, mencuci tangan, memakai slop tangan dan menjaga jarak (social dan physical distancing).

- Advertisement -

Rasben juga mengungkapkan Rektor Undiksha memberikan kebijakan bagi pegawai yang tidak tergabung dalam kepanitiaan sementara waktu Bekerja Dari Rumah (BDR).  “Dengan BDR di Universitas ini jumlah orang yang ada disini bisa diminimalkan yaitu hanya calon mahasiswa dan panitia saja. Atau sekitar 320 orang saja melakukan mobilitas. Saya harap dukungan dari warga undiksha untuk menyukseskan kegiatan UTBK yang berbeda dari sebelum masa pandemi COVID 19,” urainya.

Sementara itu, perwakilan Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan COVID 19 Provinsi Bali, Nyoman Sudiyasa, SKM., M.Kes., menyampaikan apresiasi kepada Undiksha yang telah mempersiapkan UTBK-SBMPTN 2020 ini sesuai dengan protokol kesehatan. “Secara umum, persiapan ini sudah berjalan sesuai protokol kesehatan dan semoga dalam pelaksaannya juga sesuai dengan yang digariskan”, ujarnya. 

Selain itu, pria yang menjabat sebagai Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Bali ini juga menyampaikan 3 hal yang perlu diperhatikan calon mahasiswa dan masyarakat umum. Pertama selalu menjaga jarak, dalam hal ini physical dan social distancing.

Kedua, selalu memakai masker dan etiga, pastikan sesering mungkin mencuci tangan mengunakan detergen pada air yang mengalir. “Tiga hal yang perlu mendapat perhatian dan harus dilaksanakan untuk menghindari penularan COVID 19 lebih luas lagi.” Pintanya.

Selain memberikan perhatian terhadap calon peserta, Undiksha juga melakukan sterilisasi pada fasilitas ujian di dalam ruangan. Pelaksanaan ujian ini diharapkan mendapat dukungan dari seluruh peserta, sehingga dapat berjalan dengan baik.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts