More

    Pemerintah Cek Kesiapan DTW Hadapi New Normal

    Cek kesiapan Pengelola DTW menyambut New Normal |FOTO Edi Toro|

    Singaraja, koranbuleleng.com |  Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng memantau lima Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Buleleng terkait kesiapan dalam mengelola obyek wisata menghadapi era baru di bidang pariwisata.  Diantaranya, Desa Wisata Sambangan, Air Sanih, Pantai Lovina dan Pemandian Air Panas Banjar.

    Kepala Dinas Pariwisata  Buleleng Made Sudama Diana  mengatakan, pengelola DTW harus menyiapkan sarana prasarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan.   

    “Standar yang harus disiapkan harus ada tempat mencuci tangan yang lengkap dengan hand sanitizer dan alat untuk mengukur suhu tubuh. Selain itu, para petugas di DTW sendiri sudah menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD)”  ujar Sudama Diana saat ditemui di Desa Wisata Sambangan, Rabu rabu 8 Juli 2020.

    Sudama Diana  menyebut, secara umum pengelola DTW di Buleleng siap membuka kembali aktivitas wisata dengan kunjungan wisatawan lokal. Bahkan pihaknya akan memberikan bantuan berupa subsidi APD kepada 10 DTW.

     “Rencananya kita bantu subsidi APD ke 10 tempat wisata dulu, APD ini bukan seperti yang di rumah sakit, melainkan APD yang stndar”  ungkapnya

    Sudama Diana  menambahkan,  terkait  sertifikat penerapan protokol kesehatan yang diberlakukan di DTW, sudah bisa diajukan secara online lewat website Dispar Buleleng.

    “Sertiflkat pemberlakuan pengelola DTW dibuka  6 Juli kemarin.  Beberapa sertifikat yang sudah diterbitkan rencananya akan disahkan secara simbolis oleh  Wakil Gubernur  bersamaan dengan roadshow kunjungan  ke Buleleng besok “ imbuh Sudama Diana

    Lebih lanjut  Sudama Diana  menjelaskan, Sertifikat adalah bukti bahwa DTW sudah diverifikasi.  Sertifikat bukan masalah izin, melainkan masalah standar yang harus dipenuhi untuk membuka DTW. Sertifikat menjadikan wisatawan lebih percaya diri untuk berkunjung ke lokasi wisata.

    “Besok DTW akan dibuka, namun masih bersifat lokal.  Walau sertifikat pemberlakuan New Normal belum diajukan. Sertifikat ini  hanya kewajiban moral pengelolanya, dan sertifikat ini bukan kaitannya menyangkut legalitas pengelolaan DTW itu sendiri,” terangnya.

    Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sambangan Kadek Dedy Sastra Wirawan mengatakan, siap membuka sejumlah lokasi DTW di desanya.  Pihaknya  telah menyiapkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang rencananya akan tuntas hari Kamis 9 Juli 2020.

    Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintahan desa, Pecalang desa adat, dan Satgas Gotong Royong Penanganan COVID 19 di Desa Sambangan. 

    “ Nanti di depan ada yang bertugas memberikan arahan secara lisan kepada pengunjung.  Setelah di cek suhu, cuci tangan dan sudah dinilai aman baru dikasih melanjutkan perjalanan. Rencana akan beroperasi besok kalau sudah diberi izin,” ujar Dedy. |ET|

    Berita Terpopuler

    Bapemperda Sepakati Pembahasan Tiga Ranperda

    Rapat koordinasi antara Bapemperda DPRD Buleleng dan pihak terkait dari Pemkab Buleleng |FOTO : Istimewa| Singaraja, koranbuleleng.com |...

    Seni bagi Anak-anak Kaki Batukaru

    Wayan Artika dengan Buku I Gusti Made Deblog, Master Seni Lukis Naturalis dalam Medan Seni Rupa Denpasar-Bali, dari I Kadek Wiradinata...

    Pencuri Kayu di TNBB Dibekuk, Dua Orang Kabur

    Barang bukti kayu Pait yang dicuri di Taman Nasional Bali Barat |FOTO : Yoga Sariada| Singaraja, koranbuleleng.com |...

    BLK Asem Kembar Latih Generasi Muda Untuk Berkesenian

    Anggota DPR RI Dapil Bali, Ketut Kariyasa Adnyana meresmikan Balai Latihan Kerja yang dikelola oleh Yayasan Asem Kembar Santi Ashram |FOTO...

    Related articles